Per Desember 2018, Harga Mobil Daihatsu Naik

Daihatsu Indonesia akan menaikkan harga jual produknya pada Desember 2018 mendatang, namun besarannya masih belum diketahui.

Selasa, 13 November 2018 14:29
Daihatsu Terios 7 Wonders (Istimewa)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Mulai Desember 2018 atau selambat-lambatnya Januari 2019, Daihatsu Indonesia akan menaikkan harga produknya. Penyebab utama kebijakan ini adalah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. Meski demikian, jumlah peningkatannya masih akan dihitung kembali seiring menguatnya kurs rupiah baru-baru ini.

"Tetap naik dan akan diputuskan segera. Tapi kalau November ini sudah tidak mungkin (kenaikannya)," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjawab Merdeka.com di sela acara Bandung Lautan Daihatsu, akhir pekan lalu.

Daihatsu Pamerkan Mobil Special Edition di GIIAS 2018

Di Indonesia, Daihatsu memiliki beberapa model mobil penumpang, yakni Astra Daihatsu Ayla, Astra Daihatsu Sigra, Daihatsu Xenia, All New Terios, Luxio, Gran Max, dan Sirion. Per Oktober tahun ini, penjualan ritel mobil Daihatsu mencapai sekitar 160 ribu unit, dengan pangsa pasar sekitar 17 persen di pasar otomotif nasional.

Menurut Amelia, pihaknya tidak bisa menyebutkan patokan kurs rupiah yang menjadi rujukan harga jualnya nanti. Apalagi sekarang rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat. Namun, menurut catatan pabrikan otomotif terbesar kedua di Indonesia ini, di periode Januari-Oktober tahun ini, kurs rupiah terus melemah menjadi Rp 15.200 dari level Rp 13.500.

Daihatsu Pamerkan Mobil Special Edition di GIIAS 2018

Secara umum, kondisi pelemahan rupiah tentu berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti pada biaya produksi. Karena sebagian material produksi masih menggunakan kurs dolar Amerika, sebagai acuan di berbagai lini industri, termasuk di sektor otomotif.

Meski rupiah terus melemah, Daihatsu tidak serta merta menaikan harga jualnya, karena tidak ingin membuat permintaan turun secara drastis. Namun, melihat kondisi rupiah yang sulit kembali ke posisi awal di level Rp 13 ribuan, Daihatsu akan menaikkan harga jual kendaraannya, sehingga kenaikan harga mobil Daihatsu segera dilakukan dalam waktu dekat.

Daihatsu Pamerkan Mobil Special Edition di GIIAS 2018

Sebelumnya, Daihatsu menaikkan harga jual mobilnya sebesar Rp1-2 juta pada Oktober 2018 lalu. Peningkatan ini dilakukan seiring ditetapkannya standar emisi gas buang Euro4 sehingga perlu ada komponen tambahan untuk memenuhi regulasi tersebut.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami