Penting! Ketahui Apa Fungsi SIM yang Sesungguhnya

Di musim liburan ini jangan lupa membawa SIM kemanapun Anda mengemudi, Otolovers. Simak informasinya berikut ini.

Sabtu, 26 Desember 2015 09:45
Foto: otomotif
Editor : Larasati​ ​Zu​hro

Otosia.com - Seseorang dianggap belum layak untuk berkendara jika belum mengantongi surat izin mengemudi sebagai bukti. Hal ini karena untuk mendapatkan surat izin mengemudi, pemohon harus melalui serangkaian tes.

Tahap pertama tes adalah tes tulis. Pemohon harus menjawab beberapa soal untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman seseorang tentang rambu-rambu dan haluan saat berkendara.

Selain itu, ujian praktik juga sangat penting untuk dilakukan sebagai tolak ukur ketangkasan seseorang menghadapi berbagai macam kontur jalan. Jika seorang pemohon dianggap belum memenuhi standard yang ditentukan oleh pihak kepolisian, ia tidak akan mendapatkan surat izin mengemudinya.

Tapi patut diketahui bahwa kepemilikan surat izin mengemudi sangat penting Otolovers. Bagi Anda yang masih belum memiliki surat izin mengemudi redaksi Otosia menyarankan untuk segera mengurus segala keperluan pembuatan SIM. Berikut redaksi Otosia informasikan fungsi dari surat izin mengemudi dilansir dari Divisi Humas Mabes Polri.

FUNGSI SIM ADALAH SEBAGAI :

  1. Legitimasi kompetensi Pengemudi, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan dari Negara Republik Indonesia kepada para peserta uji yang telah lulus Ujian Teori, Ujian Keterampilan melalui Simulator, dan Ujian Praktik.
  2. Identitas Pengemudi memuat keterangan identitas lengkap Pengemudi.
  3. Kontrol kompetensi Pengemudi, merupakan alat penegakan hukum dan bentuk akuntabilitas Pengemudi.
  4. Untuk keperluan forensik kepolisian, memuat identitas Pengemudi yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan dan penyidikan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta tindak pidana lain.

Baca Ini Juga, Bro!

(kpl/lrs)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami