Penjualan TVS di Indonesia Menukik, Pasar Ekspor Melejit

Meskipun penjualan motor TVS di Tanah Air menurun, namun penjualan ekspornya justru melejit.

Jum'at, 29 April 2016 11:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Seperti pemain otomotif lain PT TVS Motor Company Indonesia turut merasakan dampak dari kondisi ekonomi makro di Indonesia. Hal ini turut memberikan imbas negatif pada penjualan TVS di Indonesia.

Selama periode April 2015 – Maret 2016, PT TVS Motor Company Indonesia hanya menjual 17.130 unit sepeda motor atau menurun 26,7% dibandingkan tahun finansial 2014–2015 yang sebanyak 23.388 unit.

Penurunan adalah imbas dari penurunan kondisi perekonomian Indonesia yang juga mempengaruhi industri roda dua di bawah naungan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang mengalami penurunan hingga 12 %.

Penjualan terbesar TVS Indonesia berasal dari ekspor yang mencapai 88% dari total jumlah unit yang terjual.

Inilah yang kemudian mendorong TVS Motor Company Indonesia untuk memfokuskan pasar ekspor saat ini dengan mengirimkan lebih dari 15.000 unit sepeda motor ke negara ASEAN, Timur Tengah dan beberapa negara di Afrika.

Meski TVS menggelontorkan beberapa produk baru kurun tahun 2015 – 2016, diantaranya TVS Dazz DFI dan TVS Apache RTR 200, namun hal ini tidak banyak menolong pasar TVS di Indonesia.

Untuk memulihkan penjualan, pada tahun finansial 2016–2017, TVS Indonesia telah menyiapkan beberapa jurus, diantaranya memompa penjualan di pasar yang sudah ada serta memperluas jaringan pemasaran terutama di Jabodetabek dan Jawa Barat.

Di tahun 2016–2017 TVS Motor Company Indonesia juga memiliki rencana untuk meluncurkan beberapa varian baru, baik facelift ataupun tipe sepeda motor sport yang akan melengkapi lini produk premium TVS.

Selain itu TVS juga akan melakukan ekspansi pasar ekspor di beberapa wilayah baru di kawasan Asia dan Afrika.

BERITA TERKAIT LAINNYA

(kpl/nzr/fdk)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami