Penjualan Mobil dan Motor Naik Tajam, Sektor Otomotif Pulih Lebih Cepat?

Melihat penjualan mobil dan motor yang meningkat tajam pada triwulan III-2020, pemerintah optimistis bahwa sektor otomotif pulih lebih cepat dari prediksi semula.

Minggu, 08 November 2020 12:15
Penjualan Mobil dan Motor Naik Tajam, Sektor Otomotif Pulih Lebih Cepat? Pemerintah optimistis sektor otomotif pulih lebih cepat (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Otomotif menjadi salah satu sektor yang mengalami pukulan telak akibat pandemi COVID-19 sejak Maret lalu. Namun pemerintah optimis recovery sektor otomotif akan lebih cepat dari perkiraan semula.

Optimisme tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (5/11).

Menurut Menperin, kinerja industri alat angkutan melaju cepat pada triwulan ketiga 2020. Hal ini terlihat dari indikator penjualan mobil dan sepeda motor yang naik tajam jika dibandingkan kuartal sebelumnya.

 

1 dari 2 Halaman

Penjualan mobil secara wholesale atau penjualan sampai tingkat dealer pada triwulan ketiga mencapai 111.114 unit atau naik sebesar 362,17 persen (q-to-q).

"Produksi mobil pada triwulan ketiga 2020 mencapai 113.563 unit atau naik sebesar 172,78 persen jika dilihat secara quartalan." sebutnya ujarnya.

Sedangkan penjualan sepeda motor secara wholesale pada triwulan III- 2020 mencapai 911.865 unit atau naik sebesar 190,75 persen (q-to-q).

 

 

2 dari 2 Halaman

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sejumlah sektor mengalami pemulihan yang cukup cepat, salah satunya sektor alat angkutan yang tumbuh sebesar 17,48 persen.

"Kalau dibandingkan per triwulan, hampir seluruh sektor Industri mengalami pertumbuhan positif," kata Agus.

Pertumbuhan tersebut menurut Agus tidak terlepas dari semakin disiplinnya masyarakat dalam upaya pencegahan COVID-19, yang terlihat juga dari jumlah kasus aktif yang terus menurun.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami