Pengharum Mobil Bisa Rusak Interior, Jangan Salah Pilih

Berbagai jenis pengharum mobil bisa jadi pilihan agar aroma kabin tetap wangi. Tetapi jangan asal pilih karena bisa berpotensi merusak interior mobil.

Rabu, 22 Januari 2020 18:45
Pengharum Mobil Bisa Rusak Interior, Jangan Salah Pilih Memakai parfum mobil jangan salah pilih (Ilustrasi/speedfinal.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Pemilik mobil kerap menambahkan pengharum agar kabin selalu segar nan wangi. Pilihan wewangian parfum mobil itu pun beragam. Jenisnya pun beragam, sehingga bisa disesuaikan.

Tapi sayangnya, jika tidak teliti saat memilih, menurut laman Auto2000, pengharum kabin mobil itu justru akan merusak interior mobil. Kerusakan itu bisa dipicu oleh noda pengharum tersebut.

Menurut Auto2000, berikut risiko dari masing-masing jenis pengharum kabin mobil:

1 dari 3 Halaman

Spray

Ada parfum mobil yang menggunakan bahan spray. Cara pakainya disemprotkan ke bagian interior, termasuk bagianbawah dan sudut-sudut kabin. Pengharum kabin jenis ini paling aman dipakai karena tidak meninggalkan bekas noda dan daya tahannya cukup lama.

2 dari 3 Halaman

Cair

Parfum mobil ada yang berbentuk cair, cara pakainya ditempel atau dijepit pada kisi-kisi AC. Pengharum tipe ini cenderung lebih aman, karena cairan yang dikemas dalam botol memakai tutup cukup rapat.

Tetapi jangan sampai tutup tersebut terbuka atau botol pecah. Jika cairan pengharum tumpah, bisa-bisa meninggalkan noda yang membandel.

3 dari 3 Halaman

Gel

Jenis gel atau silikon paling sering diteui. Pengharum jenis ini punya daya tahan wangi paling lama. Hanya saja, bahan gel berpotensi membuat interior mobil bernoda kekuning-kuningan.

Noda itu akan muncul jika pengharum ruangan dipakai untuk jangka waktu yang lama dan terkena panas matahari langsung. Misalnya, saat diletakkan di atas dasbor.

Gel parfum bisa saja menempel pada dasbor dan meninggalkan noda yang susah dihilangkan. Terlebih jika dasbor mobil memakai bahan kulit.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami