Pengendara Wajib Tahu, Ini Jenis Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Apa saja rambu lalu lintas yang wajib Otolovers ketahui? Simak penjelasannya berikut ini

Rabu, 24 Juni 2020 17:15
Pengendara Wajib Tahu, Ini Jenis Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya logo rambu-rambu lalu lintas.(Creative Market)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Setiap pengendara kendaraan bermotor harus taati aturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Karena hal itu, wajib hukumnya mengetahui arti dari rambu-rambu lalu lintas yang ada.

Ini penting untuk diketahui, bukan hanya biar tak ditilang polisi, tetapi juga agar Otolovers terhindar dari kecelakaan. Karena pada dasarnya semua aturan lalu lintas diterapkan untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Apa saja rambu lalu lintas yang wajib Otolovers ketahui? Simak penjelasannya berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com dari Garda Oto:

1 dari 6 Halaman

1. Rambu Peringatan

Rambu peringatan merupakan rambu yang didesain dengan warna dominan kuning dan tulisan berwarna hitam. Berbentuk belah ketupat, rambu ini berisi peringatan bagi pengguna jalan bahwa ada kemungkinan bahaya.

Contoh, terdapat rambu berwarna kuning dengan gambar mobil diatas jalan menanjak. Gambar tersebut memberikan peringatan kepada pengguna jalan bahwa beberapa meter di depan akan terdapat tanjakan.

2 dari 6 Halaman

2. Rambu Perintah

Rambu perintah biasa ditemui dengan bentuk bundar berwarna biru dan lambang berwarna putih. Rambu ini berisi perintah yang wajib dipatuhi oleh pengguna jalan. Rambu ini bisa ditemui dengan ragam simbol yang memiliki arti berbeda.

3 dari 6 Halaman

3. Rambu Larangan

Rambu ini didesain dengan warna putih sebagai warna latarnya dan warna merah atau hitam sebagai warna lambangnya. Rambu ini berisi larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan bagi pengguna jalan.

Contoh, rambu bertuliskan 'S' yang dicoret. Ini artinya kendaraan dilarang berhenti sampai jarak 15 meter setelah rambu tersebut diletakkan.

4 dari 6 Halaman

4. Rambu Petunjuk

Rambu ini berisi petunjuk bagi pengguna jalan. Contoh, rambu berbentuk persegi panjang berwarna biru dengan gambar jalan di bagian tengah berwarna putih. Rambu tersebut memberikan petunjuk bahwa di depan terdapat jalan tol.

5 dari 6 Halaman

5.Papan Tambahan

Papan ini memuat informasi tambahan atau keterangan mengenai waktu tertentu, jarak dan jenis kendaraan sebagai hasil manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Contoh, rambu ini biasa bisa ditemui pada rambu berbentuk persegi panjang yang bertuliskan '10 M' dengan tanda arah ke kanan. Untuk tulisan dan simbol dari rambu ini dominan berwarna hitam. Rambu tersebut berarti peraturan berlaku sesuai arah panah ke kanan sejauh 10 meter.

6 dari 6 Halaman

6. Rambu Nomor Rute

Terakhir adalah rambu petunjuk nomor rute angkutan umum. Rambu ini mempunyai fungsi untuk menginformasikan rute angkutan umum ke para penumpang. Mempunyai bentuk persegi panjang dengan desain warna hijau dan garis tepi warna putih.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami