Pengendara Moge Galak Saat Macet, Ternyata Cara Berkendaranya Salah

Kemacetan di wilayah perkotaan seperti di Jakarta memang menantang rasa sabar bagi para pengguna jalan. Ini terlebih lagi bagi para pengguna motor besar atau motor gede (moge).

Selasa, 03 Juli 2018 11:45
Foto: Pixabay
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Dimas Wahyu Trihardjanto

Otosia.com - Kemacetan di wilayah perkotaan seperti di Jakarta memang menantang rasa sabar bagi para pengguna jalan. Ini terlebih lagi bagi para pengguna motor besar atau motor gede (moge).

Citra yang beredar di masyarakat soal pengguna moge, seperti Harley, adalah galak saat berada di tengah kemacetan.

Namun, segala sesuatu terjadi bukan tanpa sebab. Beredar alasan bahwa para pengguna moge ini sebenarnya kepanasan dengan mesin motornya saat berada di tengah kemacetan. Alhasil, kesabarannya jadi begitu tertantang.

Apa yang sebenarnya terjadi saat itu, pengguna moge, Alfadiansyah atau Alfa, dari Motor Besar Club (MBC) Indonesia, coba menerangkan, sekaligus menggambarkan bahwa sebenarnya ada yang salah dengan cara berkendara mereka.

"Jadi motor sport itu saat suhu 80 derajat, fan-nya hidup. Sementara Harley baru mulai saja sudah 80 derajat. Dia kan enggak ada pendinginan ya. Pendinginnya benar-benar mengandalkan udara," kata dia.

Hal tersebut menurutnya berbeda dengan motor sport yang memiliki sistem pendinginan berupa radiator dan juga oil cooler.

Dengan dasar sistem tersebut, rupanya ada cara salah yang dilakukan oleh para pengguna motor touring seperti Harley ini.

"Salahnya orang-orang pada saat macet itu digas-gas. Harusnya enggak boleh.
Stasioner saja enggak usah main gas. Mereka beranggapan dengan makin digas, water pump makin berputar," ujarnya.

Pemilik bengkel moge Panglima Indonesia di bilangan Cipinang ini menjelaskan bahwa dengan tindakan itu, para pengguna motor tersebut beranggapan bahwa suhu motor akan makin dingin.

"Padahal enggak seperti itu. Kalau digas-gas itu kan kompresi makin tinggi, akhirnya motor panas. Begitu motor sudah panas, sudah enggak tahan. Akhirnya pengen cepat-cepat menghindari macet. Jadinya emosi," ujarnya.

saya sudah baca ini!

(kpl/why/ahm)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami