Pengamat Otomotif: Apa Sebenarnya Tujuan Uji Emisi Dadakan?

Perlu ada sinkronisasi dari berbagai aspek agar tujuan uji emisi tercapai.

Selasa, 05 Januari 2021 17:45
Pengamat Otomotif: Apa Sebenarnya Tujuan Uji Emisi Dadakan? Polusi Jakarta (Liputan6.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Belum lama ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewajibkan semua kendaraan di Ibukota Indonesia untuk mengikuti uji emisi. Tujuannya ialah untuk memperbaiki kualitas udara.

Bahkan, dari segi penindakan kepolisian dapat menjatuhkan sanksi tilang terhadap pemilik kendaraan bermotor yang tidak melaksanakan kewajiban melakukan uji emisi gas buang dan tidak memenuhi ambang batas emisi.

Bebin Juana, pengamat otomotif di Indonesia, justru berharap Indonesia segera beralih ke emisi gas buang yang lebih baik. Tapi, berbagai fasilitas yang tersedia juga harus sesuai dengan regulasi.

1 dari 2 Halaman

"Di negara maju yang segalanya sudah tertib, masyarakatnya displin dan bahan bakar yang tersedia juga mumpuni dengan emisi Euro 5 bahkan Euro 6, yang disoroti adalah keselamatan," terang Bebin saat dihubungi redaksi Otosia sore tadi (5/1).

"Menurut saya, BBM (bahan bakar minyak) Euro 4 saja tidak cukup. Kita sudah terlalu lama memakai BBM oktan 88, setara Premium. Jadi kalau mesinnya dibongkar sudah terlalu kotor dan ini berpengaruh ke gas buang," tambahnya.

Ia pun menyebut bahwa harus ada sinkronisasi antara pihak pabrikan, penyedia BBM, dan pemerintah. Selain itu, perlu edukasi kepada masyarakat secara jelas dan dilakukan secara berkelanjutan.

2 dari 2 Halaman

Tapi, ia menyayangkan kurang jelasnya solusi dari pihak pemerintah terkait emisi gas buang ini karena terkait dengan tujuannya. Harusnya, jika hasil akhirnya ialah memperbaiki kualitas udara, ada alternatif bagi orang-orang yang kendaraannya tidak lulus uji dan terlarang untuk digunakan

"Untuk saat ini, masyarakat yang tidak disiplin memelihara kendaraan, segera servis. Upayakan menggunakan bahan bakar di atas oktan 90. Semoga mesin masih bisa tertolong dan lulus uji emisi," pungkas Bebin.

Artinya, perlu ada edukasi yang rinci terlebih dulu dari pemerintah supaya masyarakat lebih sadar terkait uji emisi gas buang dadakan ini. Selain itu, tujuan diberlakukannya regulasi tersebut bisa tercapai dengan lebih baik ketika adanya keselarasan berbagai komponen yang terlibat, serta solusi yang ditawarkan tidak memberatkan.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami