Pengalaman Gila, Offroad Naik Mitsubishi Triton Bareng Juara Reli Dakar

Pereli Internasional menunjukkan secara langsung bagaimana menggeber sebuah mobil di lintasan yang serupa dengan ajang Dakar di sebuah area di BSD Tangerang.

Jum'at, 16 Agustus 2019 16:45
Pengalaman Gila, Offroad Naik Mitsubishi Triton Bareng Juara Reli Dakar Pereli Internasional (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Banyak orang teriak-teriak ketika berada dalam mobil yang dikendarai oleh pembalap. Nah, bagaimana jika pengemudinya adalah seorang juara Dakar?

Ajang Dakar sendiri terkenal sebagai reli ganas karena kontur jalan yang dilalui bukan main beragam. Seorang juara dunia reli Paris-Dakar 2002-2003 Hiroshi Masuoka dan pereli internasional Kazuto Koide pun tandang ke Indonesia pada Kamis (15/9), untuk menunjukkan secara langsung bagaimana menggeber sebuah mobil di lintasan yang serupa dengan ajang Dakar di sebuah area di BSD Tangerang.

Mobil yang dipilih untuk digunakan pun tidak sembarangan. Mitsubishi Triton terbaru tipe HDX 4x4 manual transmision. Kenapa? Mobil ini memang teruji untuk diajak menggaruk segala material jalan termasuk tanah di kawasan tes ini.

1 dari 3 Halaman

Pengalaman Gila

Pengalaman Gila

Akhirnya pengalaman gila pun dimulai. Sejak awal Hiroshi Masuoka sudah mewanti-wanti untuk "siap-siap" dan ternyata aksinya tidak main-main.

Sekalipun seat belt sudah terpasang, Mitsubishi Triton dibawa loncat, menikung tajam, dan akselerasi bertubi-tubi tanpa ampun. Jantung pun serasa copot padahal pick-up double cabin ini tidak terguling meskipun punya ground clearance 220 mm.

Mungkin Hiroshi dan Koide merasakan pedenya berkendara dengan fitur off-road mode di mobil ini yang fungsinya memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas control sesuai dengan kondisi medan.

2 dari 3 Halaman

Fitur Keamanan

Fitur Keamanan

Mual panik sambil teriak-teriak umum terlihat di mata mereka yang turut di mobil yang dikendarai Hiroshi Masuoka. Tapi dia menggeber terus sebab untuk sebuah pick-up, New Triton jadi yang paling komplet untuk urusan keamanan.

Misalnya saja, dia punya ISE body, struktur bodi penyerap benturan. Sudah ada 7 SRS Airbags, Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mengaplikasikan pengereman darurat dengan sensor visual di depan.

Bahkan untuk pengguna umum sekalipun, pick-up ini sudah punya fitur-fitur keamanan ala jalan kota, seperti Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS) mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun belakang

3 dari 3 Halaman

Fitur Keamanan Canggih

Fitur Keamanan Canggih

Lalu ada Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) yang memperingatkan pengendara terhadap kendaraan yang berada di blind spot atau yang melaju cepat dari belakang dengan teknologi ultrasonic dan radar.

Belum lagi Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang memonitor laju di belakang kendaraan dengan radar. Ada juga Automatic High Beam yang secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah dengan sensor visual depan dan sensor parkir memonitor sekeliling kendaraan ketika parkir dengan ultrasonic.

Mobil besar ini pun sudah punya multi-around View monitor, sehingga parkir di area sempit akan lebih mudah dan aman, serta buat mereka yang suka panik di tanjakan, yakni Hill Decent Control (HDC) untuk mengontrol katup untuk menjaga kecepatan kendaraan dengan berbagai kondisi medan terutama saat menuruni bukit yang curam.

Meski berkendara di medan ekstrem seperti itu, kalau mobilnya seaman ini, bawanya juga jadi pede. Apalagi drivernya andal, seperti Hiroshi Masuoka.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami