Pemilik Mobil Wajib Tahu Jenis-Jenis Mesin, Apa Saja?

Bagi pemilik mobil, tak ada salahnya paham soal mesin. Informasi soal mesin ini selain memperkaya pengetahuan juga bisa membantu jika ada hal-hal tak terduga terjadi.

Rabu, 5 Desember 2018 21 : 15 WIB
Ilustrasi pabrik mesin (Castrol)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Bagi pemilik mobil, tak ada salahnya paham soal mesin. Informasi soal mesin ini selain memperkaya pengetahuan juga bisa membantu jika ada hal-hal tak terduga terjadi.

Nah Otolovers, ada berapa jenis mesin yang kalian tahu? Satu? Atau dua? Mengutip laman resmi Daihatsu Indonesia, jenis mesin ada tiga, simak penjelasannya berikut.

1. Mesin Tak

Mesin Tak, adalah jenis mesin yang bekerja berdasarkan pukulan atau stroke (Tak). Mesin yang menggunakan tak ini terbagi menjadi dua, yaitu mesin 2-Tak dan 4-Tak.

Mesin dua tak, atau bisa disebut juga two stroke adalah mesin yang menghasilkan torsi lebih banyak. Jadi, biasanya kendaraan dengan mesin dua tak memiliki tekanan yang cukup tinggi atau bisa dibilang tendangannya lebih kencang dibandingkan dengan mesin 4-Tak.

Sedangkan mesin 4-Tak, adalah bukti dari berkembangnya teknologi permesinan. Mesin empat tak ini memiliki ciri piston yang bergerak naik turun di dalam silinder mesin sebanyak dua kali.

Mobil bermesin empat tak ini biasanya memiliki kecepatan dan ketahanan mesin yang lebih unggul dibandingkan dengan mesin 2-Tak.

2. Internal Combustion

Mesin yang satu ini melakukan pembakaran di dalam silinder mesin. Cara memanfaatkan tenaganya mirip dengan External Comnustion, yaitu dengan menggunakan suhu bertekanan tinggi yang dihasilkan dari kombusi di dalam silinder. Setelah itu, hasilnya bakal tenaga untuk menggerakkan piston yang digunakan untuk menggerakkan roda.

Lalu, apa itu piston? Piston adalah sebuah perangkat yang bergerak fleksibel di dalam silinder dan berguna untuk menyalurkan kekuatan ke crankshaft dengan bantuan connecting rod.

Tipe mesin yang satu ini membutuhkan bahan bakar cair ataupun gas seperti bensin ataupun solar. Manfaat yang didapat ketika menggunakan mesin Internal Combustion ini adalah kombusi di dalam mesin lebih ramah dan hemat dibandingkan dengan external combustion.

3. External Combustion

Mesin yang satu ini, adalah mesin yang memanfaatkan hawa panas dari sisa pembakaran untuk mengonversi air atau cairan lainnya untuk menjadi uap. Uap yang dihasilkan dari konversi tersebut, bakal disalurkan dalam bentuk tenaga pemutar turbin.

Mesin ini biasanya digunakan oleh mobil-mobil pada jaman dahulu, dan sekarang mesin tersebut banyak dipakai untuk kereta.

SUDAH BACA INI BELUM?

 (kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami