Pemerintah Tunda Penerapan Euro 4 Akibat Pandemi COVID-19

Penerapan Euro 4 untuk mobil diesel di Indonesia terpaksa ditunda akibat pandemi COVID-19.

Kamis, 02 Juli 2020 07:15
Pemerintah Tunda Penerapan Euro 4 Akibat Pandemi COVID-19 Isuzu Giga (Isuzu)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pemerintah Indonesia telah berencana menerapkan standar emisi Euro 4 untuk semua mobil diesel baru mulai 2021 mendatang. Hanya saja, rencana ini harus diubah akibat pandemi COVID-19.

Mulanya, regulasi Euro 4 di Indonesia dijadwalkan mulai berlaku pada kuartal pertama 2021. Tapi, Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan ada penundaan hingga 2022 mendatang.

"Awalnya rencana Euro 4 untuk mesin diesel dijalankan mulai Maret 2021. Tapi, karena pandemi COVID-19, banyak teknisi dari luar negeri yang harus dipulangkan. Jadi terpaksa harus ditunda," terang Nangoi.

1 dari 1 Halaman

Ia juga menyebut penundaan penerapan regulasi Euro 4 di Indonesia ini merupakan usulan dari para agen pemegang merek (APM) mobil. Mereka menyatakan bahwa kondisi pandemi mengganggu persiapan untuk memenuhi standar emisi gas buang baru tersebut.

Terkait hal ini, pihak Gaikindo pun telah berkolaborasi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia. Akhirnya, permintaan ini disetujui untuk ditunda selama 1 tahun dari rencana awal.

Pasalnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia menjadi lembaga yang mengeluarkan aturan tersebut. Mereka pun bekerja sama dengan Kementerian ESDM dalam urusan bahan bakar dan Kementerian Perhubungan untuk keperluan uji tipe.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami