Pelindung Radiator Nitex untuk Yamaha XMax

Posisi radiator Yamaha XMax yang berada tepat di belakang ban depan berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara yang maksimal. Namun posisi tersebut rentan terkena kotoran atau krikil yang dapat merusak radiator.

Kamis, 11 Januari 2018 12:15
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Posisi radiator Yamaha XMax yang berada tepat di belakang ban depan berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara yang maksimal. Namun posisi tersebut rentan terkena kotoran atau krikil yang dapat merusak radiator.

Yamaha XMax sendiri sudah memiliki pelindung radiator, hanya saja menurut Tukijan sang punggawa bengkel modifikasi ARM Motor ukuran kisi-kisinya masih terbilang besar.

"Rata-rata radiator standar sudah aman, namun karena dia punya kisi-kisi agak besar, kalau kerikil sebesar jagung bisa saja masuk. Kalau posisi riding lurus tidak masalah karena XMax punya spakbor panjang. Namun, ketika belok di sini risikonya," jelas Tukijan.

Oleh karena itu, pelindung tambahan diperlukan. Salah satunya dengan menggunakan produk dari Nitex yang tersedia di ARM Motor. Kisi-kisinya yang lebih kecil mampu melindungi dari benda keras berukuran kecil.

Terkait kekhawatiran mengganggu pendinginan karena pelindung tambahan ini memiliki kisi-kisi yang cukup rapat, Tukijan menilai tidak terlalu berpengaruh. Sebab menurut Tukijan ukuran kisi-kisinya tetap mengizinkan udara untuk masuk.

"Tetap mengganggu, tapi tidak terlalu banyak. Karena dia tetap ngandelin sirkulasi udara dari luar, tapi karena lubangnya tidak terlalu rapat. Ini membantu kenyamanan, dalam arti saat touring kena batu kan tidak terlalu masalah," jelas Tukijan.

Penggunaan pelindung radiator ini ternyata cukup populer di kalangan pengguna XMax. Faktor pelindung hempasan krikil dan lumpur yang lebih baik dikatakan menjadi alasannya.

"Kalau di XMax, katakan hari ini tidak, besok atau minggu depan mereka menyadarinya dan pasang. Jadi memang harus dijelaskan dulu bahwa kelebihannya itu seperti ini," jelas Tukijan.

Ulasan Menarik Aksesori Motor Lainnya

(kpl/fid/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami