'Pelapis Ajaib' di Balik Ringannya Mesin Duo BMW M Indonesia

Penyempurnaan pada BMW M3 dan BMW M4 Coupe yang dipasarkan di Indonesia juga melibatkan pelapis ajaib pada ruang silinder mesin.

Minggu, 20 Juli 2014 09:00
BMW M3 Sedan
Editor : Albert

Otosia.com -

Penyempurnaan pada BMW M3 dan BMW M4 Coupe yang dipasarkan di Indonesia juga melibatkan pelapis ajaib pada ruang silinder mesin. Dengannya, mesin menjadi lebih efisien dalam bekerja, di samping juga turun menyumbang efisiensi bobot.

"Mesin enam silinder memiliki desain yang kokoh dan memungkinkan peningkatan pada tekanan silinder untuk menyempurnakan tenaga yang dihasilkan. Dan sebagai ganti pelapis, cylinder bores hadir dengan twin-wire arc-sprayed coating, yang menghasilkan penurunan yang signifikan dalam berat mesin," urai pihak BMW Indonesia.

Pelapis itu setidaknya mengakomodasi persoalan selama ini bahwa ruang silinder mesin memiliki permukaan yang kasar, keras, dan memiliki tekstur. Dengannya pula, kerja mesin berpengaruh pada performanya.

Soal bobot mesin sendiri, duo BMW M ini pun menggunakan bahan khusus nan ringan pada poros kipas mesin. Ini tentu saja tidak hanya menyumbang efisiensi bobot, tetapi juga bahkan memperingan kerja mesin.

Poros tersebut menggunakan bahan CFRP, yang merupakan kependekan dari carbon-fibre-reinforced plastic. Bahan ini juga diterapkan pada sejumlah komponen di mobil, di samping juga mendampingi penggunaan bahan aluminium pada mobil. Pihak BMW mengatakan, efisiensi bobot kendaraan sekitar 80 kilogram dibandingkan dengan model sebelumnya.

(kpl/why/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami