Paten Motor Baru Suzuki Disebut Burgman Listrik

Suzuki Burgman listrik sudah diuji jalan di India. Detail Suzuki Burgman listrik itu disebut bisa terlihat dari paten yang belum lama ini beredar.

Kamis, 24 Juni 2021 19:45
Paten Motor Baru Suzuki Disebut Burgman Listrik Spy shot Suzuki Burgman listrik (Rushlane)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Baru-baru ini terungkap gambar paten skuter matik Suzuki. Dari gambar paten tersebut diketahui bahwa skutik baru itu adalah skutik listrik.

Dilansir dari GaadiWaadi, skutik listrik itu disebut adalah model Burgman yang menggunakan powertrain listrik. Sebelumnya, Suzuki Burgman listrik juga tertangkap kamera saat sedang diuji jalan di India.

Sayangnya, Burgman listrik itu hanya terlihat seperti Burgman berbahan bakar bensin. Dari gambar paten inilah kini diketahui banyak detail menarik dari Suzuki Burgman listrik.

1 dari 4 Halaman

(c) Visordown

Mayoritas, skuter matik menggunakan metode pemasangan mesin dan lengan ayun yang telah dicoba dan diuji sebagai satu kesatuan atau memasang motor listrik di roda belakang.

Kedua metode itu bisa meningkatkan ruang di dalam sasis sepeda. Sehingga ruang di bawah jok motor lebih besar atau bisa menggunakan baterai berkapasitas yang lebih besar jika itu menggunakan powertrain listrik.

Namun, untuk alasan yang belum diketahui, pada gambar paten itu Suzuki terlihat menunjukkan penggunaan penggerak rantai ke roda belakang. Sehingga membuatnya tampak seperti drivetrain yang terletak di bawah jok motor.

2 dari 4 Halaman

Sisa elektroniknya terletak di atas motor, dengan baterai, pengontrol kecepatan, dan transformator. Tampak sedikit aneh, meskipun paten tersebut menggambarkan bahwa Suzuki memiliki alasan tertentu untuk melakukan itu.

Dalam paten itu juga disebutkan bahwa skutik tersebut menggunakan pendingin udara. Komponen pendingin udara tersebut dipasang di bagian dalam.

3 dari 4 Halaman

Suzuki Burgman Listrik Diuji Jalan

(c) GaadiWaadi

Suzuki Motorcycle India rupanya tengah menyiapkan skuter listrik Burgman. Sebelumnya, pabrikan roda dua asal Jepang itu pernah mengatakan ketertrikannya untuk meramaikan pasar skuter listrik di India.

Dilansir dari Rushlane, dua unit Burgman yang diduga versi prototipe itu terpergok sedang diuji di jalan raya. Skuter itu terlihat tidak memiliki knalpot.

Meskipun foto itu tidak terlalu jelas, tapi terlihat ada elemen hitam besar di dekat hub roda belakang yang disebut adalah unit penggerak listrik. Sementara itu shock absorber di sisi kanan untuk mengatur beban ekstra.

 

4 dari 4 Halaman

Sementara itu, hingga kini belum diketahui tentang spesifikasi powertrain listrik Suzuki Burgman. Tapi diharapkan Suzuki membekali powertrain yang memiliki kecepatan puncak 80 kpj.

Suzuki Burgman listrik itu juga kemungkinan menggunakan paket baterai Lithium-ion yang bisa dipakai untuk menjangkau jarak sejauh 70 km hingga 90 km. Agar harganya terjangkau, Suzuki Burgman diharapkan menggunakan banyak komponen lokal.

Soal kapan peluncurannya, diprediksi sebelum tahun 2022. Selain itu, skuter listrik ini juga diprediksi dibekali berbagai fitur yang terhubung menggunakan aplikasi yang ada di smartphone.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami