Pastikan Motor Custom Siap, Sebelum Kamu Ajak Mudik

Motor custom memang berbeda dengan motor yang asli pabrikan, karena sudah mengalami beberapa perubahan. Maka, jika ingin menggunakannya untuk mudik, harus benar-benar disiapkan.

Sabtu, 19 Mei 2018 19:15
Foto ilustrasi by Nazar Ray
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazzarudin Ray

Otosia.com -

Penggemar motor custom dalam beberapa tahun terakhir terus tumbuh. Hal ini di tandainya dengan bermunculannya sejumlah bengkel-bengkel custom maupun komunitasnya.

Nah pada saat musim libur lebaran, sama seperti motor standar, tidak sidikit pemilik motor custom berkeinginan untuk membawa kuda besinya mudik.

Hanya saja, melakukan perjalan jauh ke kampung halaman dengan motor custom lebih ringkih ketimbang motor standar. Karena itu perlu persiapan khusus dan memperhatikan beberapa hal sebelum motor custom dipakai mudik.

Menurut Arie, sang punggawa bengkel Street Art Custom, ketika mudik menggunakan motor custom, yang perlu mendapat perhatian adalah tangki, kabel-kabel, dan kebisingan knalpot. Pertama adalah tangki bahan bakar. Pasalnya, rata-rata tangki motor custom adalah handmade.

Foto by Nazar Ray

"Nah, ketika motor custom akan dipakai buat mudik, saran saya kuras tangki customnya, bersihin dan rendam di air sabun selama beberapa hari. Kemudian berikan resin untuk melapisi bagian dalam tangki motor custom," imbuh Arie.

Tujuan menggunakan resin bukan hanya untuk menambal kebocoran tangki, namun juga melapisi tangki motor custom, terutama bagian sambungan las bagian dalam. Bagian ini biasanya terjadi korosi atau berkarat

Tahap kedua yang mesti diperhatikan dan dicek kembali adalah kabel-kabel. Rata-rata motor custom sudah mengalami perubahan kebel-kebel kelistrikan.

"Walau tidak ada masalah ketika digunakan harian, tapi tidak ada salahnya melakukan pengecekan sebelum melakukan mudik, terutama bagian sambungan kabel," jelas Arie.

Foto by Nazar Ray

Terakhir adalah knalpot. Suara bising yang dikeluarkan knaplot motor custom kerap mengganggu bagi sebagian orang. Arie menghimbau untuk pemilik motor custom turut menghormati masyarakat dan daerah yang dilewati saat mudik.

"Knalpot buat motor custom, rata rata sudah diganti, dan karakternya pasti blar blar blar. Saran saya ganti aja sementara dulu untuk mudik. Pakai knalpot original," sarannya.

"Tujuannya sih supaya agak sopan di jalan, irit bahan bakar, karena tiap daerah yang dilalui punya tingkat sensitif berbeda mengenai kekerasan suara knalpot," lanjut Arie.

Sedangkan bagi yang tidak memiliki lagi knalpot original, bisa menambahkan glasswoll lagi agar suara yang dihasilkan sedikit bisa diredam. "Ya minimal suara knalpot akan sedikit lebih adem," tukasnya.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami