Pastikan Ban Tak Kurang Angin, Karena Bisa Meledak

Persiapkan segala sesuatu saat akan berangkat mudik, termasuk jika menggunakan mobil pribadi. Pastikan mobilmu siap untuk dibawa mudik.

Kamis, 07 Juni 2018 19:15
Foto ilustrasi by lifewire.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mempersiapkan mobil yang akan dipakai untuk mudik, harus secara keseluruhan. Jangan sampai melewatkan satu komponen pun.

Termasuk tekanan angin ban yang tak boleh kurang. Senior Manager Business Support Sales Replacement PT Gajah Tunggal Tbk, Aries Abdullah, tekanan angin kurang bisa menyebabkan ban meledak.

"Ban meledak itu biasa terjadi di bagian samping, karena proses refleksi benturan dan gesekan yang berlebihan, sehingga ban panas berlebihan kemudian mengakibatkan rusak," ungkap Aries.

Karena itu, Aries mengungkapkan, ada baiknya isi tekanan angin ban sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan. Jika tak tahu berapa tekanannya, maka bisa dilihat pada bagian pintu depan.

Namun begitu, tekanan angin pada ban juga tak boleh berlebihan. Hal tersebut bisa membuat bidang gesekan dengan permukaan jalan semakin kecil.

Artinya, ban akan kekuarangan traksi, karena kulit ban yang menempel hanya pada bagian tengah. hal ini pula yang membuat mobil terasa bergelombang, terlebih saat jalanan rusak.

"Jadi lebih aman ban itu dipakai standar, kalau jalan jauh tambah 10 persen dari ketentuan, untuk mengurangi defleksi," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami