Pasar Motor Lesu, Konsumen Beralih Belanja Spare Part

Banyaknya orang menunda pembelian motor dan lebih memilih untuk merawat motor yang sudah mereka miliki, mendorong peningkatan penjualan spare part.

Minggu, 25 Februari 2018 08:00
Foto by MPM
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Lesunya perekonomian secara nasional dan melemahnya angka penjualan sepeda motor, rupanya tidak mempengaruhi tingkat belanja spare part motor Honda.

Menurut data PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku distributor sepeda motor dan spare part Honda Wilayah Jawa Timur dan NTT, peningkatan penjualan justru bisa dirasakan khususnya di sektor spare part motor.

Menurut pihak MPM, hal itu disebabkan oleh banyaknya orang menunda pembelian motor dan lebih memilih untuk merawat motor yang sudah mereka miliki, sehingga mendorong peningkatan penjualan spare part.


Hingga Desember 2017, penjualan divisi spare part MPM menembus angka 828 Milyar. Angka ini mengalami peningkatan sebesar 18 persen dari Year To Date pada periode yang sama tahun lalu. Dari angka tersebut, sekitar 60 persen merupakan Spare Part dan 40 persen di sektor penjualan oli.

Sementara di tahun 2018 potensi motor yang mengganti spare part dan oli mengalami kenaikan sebesar 5% sehingga MPM menargetkan pertumbuhan penjualan oli dan spare part sebesar 15 %. Untuk mencapai target 2018 tersebut maka akan di tunjang oleh penambahan produk baru dari AHM dan memperluas jaringan.

Salah satunya dengan menambah toko spare part yang kita sebut MPM ekslusive Part Shops ( MEPS ) di 3 lokasi yakni Kediri, Sidoarjo dan Malang, yang sebelumnya MEPS sudah ada di Malang.

Part Division Head MPM , Hari Subagiyo mengatakan untuk kedepannya MPM akan menuju digitalisasi dan pengembangan warehouse.

" MPM akan memperluas gudang part centre dan membuka MEPS di lingkungan part centre untuk memudahkan konsumen ritel membeli spare part di MPM " kata Hari


Saat ini MPM melayani 1595 jaringan yang terdiri dari 283 outlet H123, 467 outlet H23 dan 845 outlet H3.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami