Pasar Mobil Murah Lesu, Apa Sebabnya?

Saat ini pasar mobil murah atau mobil LCGC tengah mengalami penurunan. Lantas, apa yang menjadi penyebab hal itu?

Senin, 10 Desember 2018 19:15
Toyota Calya (Toyota.astra.co.id)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Tren negatif tengah menaungi penjualan mobil murah. Harganya yang rendah ternyata tak membuat segmen mobil LCGC (low cost green car) laris manis di pasar otomotif Indonesia.

Berdasarkan data yang Liputan6.com terima, selama Januari-Oktober 2018 wholesale sales (pabrik ke dealer) segmen LCGC hanya 181.000 unit. Angka ini turun dari periode yang sama pada 2017 yang tembus 199.000 unit.

Menanggapi penjualan LCGC yang merosot, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor menyatakan ada beberapa faktor.

Toyota Agya

"Bahwa segmen menengah kelas bawah itu ada kena impact, NPL (Non performing loan/ Kredit bermasalah), ada tightening dari leasing company, terus bunga naik. Dan itu yang pengaruhi daya beli masyarakat," ujar Soerjo saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sebaliknya, Soerjo menyatakan segmen kelas menengah atas di tahun ini justru mengalami peningkatan penjualan.

"Kalau menengah atas punya uang. Cuma kalau mobilnya tidak menarik dia tak beli. Jadi mereka lihat produk-produk yang menarik," katanya.

Toyota Calya

Soerjo mengatakan, segmen LCGC pada dasarnya menyumbangkan seperlima dari total market penjualan otomotif.

"LCGC itu bukan hanya punya Toyota-Daihatsu, tapi punya banyak. Sebenernya LCGC itu tulang, bukan daging, cuma memenuhi peraturan pemerintah. Jadi bukan untuk profit, kalau untuk profit itu arahnya ke media up, LCGC untuk comply pemeritah," terangnya.

Sejak Januari sampai November, sepasang mobil LCGC Toyota, Agya dan Calya mencatatkan angka penjualan sebanyak 86.180 unit. Secara rinci, 26.936 unit Toyota Agya terdistribusi dan Toyota Calya mencapai 59.244 unit pada periode tersebut.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami