Pasang Bracket Smartphone di Motor, Driver Ojek Terancam Tilang?

Buat para pengemudi ojek online, semakin berhati-hatilah kalau ngebid dan pasang smartphone di motor. Karena bisa berpotensi kena tilang!

Rabu, 29 November 2017 16:30
Gojek (foto ilustrasi: GOJEK.id)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Semenjak kemunculan ojek online sperti Grab dan Gojek, keberadaan smartphone memang sangat krusial dan sangat penting untuk menunjukkan jalan. Smartphone yang berisi fitur GPS dan peta tak hanya berguna bagi para driver ojek dan taksi online, tapi juga pengirim barang dan ekspedisi. Sayangnya para driver bisa terancam tilang gara-gara smartphone yang dipasang di motor mereka.

Adalah blog otomotif roda2blog yang mengulas masalah penggunaan smartphone yang biasanya dipasangkan menggunakan braket di atas speedometer atau bahkan di spion. Menurut Roda2blog, tilangan bisa menanti para driver ojek jikalau peraturan mengenai konsentrasi berkendara kembali dipertegas.

Mengutip Pasal 279 UUD Lalu Lintas menyebutkan, "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalulintas sebagai mana dimaksud dalam pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan dan denda paling banyak Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah)".

Pihak kepolisian melalui Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Indra Jafar, mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan holder HP yang dipasangkan pada kendaraan selama berkendara. Karena hal tersebut, menurutnya akan mengganggu konsentrasi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya.

"(Holder HP) Itu berbahaya. Sebenarnya enggak boleh. Mengurangi konsentrasi saat berkendara. Aturan khususnya tidak ada, itu mengurangi konsentrasi. Dari kita (kepolisian) menilai itu berbahaya," ujar AKBP Indra Jafar di Mapolda Metro Jaya kepada Merdeka.com, Rabu (1/3).

Meskipun demikian, pihak kepolisian tidak serta merta akan melakuan penindakan bagi pengendara yang kedapatan memakai holder HP di motor mereka.

"(Ditilang) Tidak. Kan alasannya bermacam-macam. Ada yang perlu GPS. Kami hanya mengimbau, agar lebih hati-hati," tandasnya.

YANG LAINNYA JUGA GOKIL NIH, OTOLOVERS!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami