Pasang Ban Besar, Atur Lagi Volume Cairan Anti Bocor

Cairan anti bocor kerap dimanfaatkan ban tipe tubeless supaya terhindar dari urusan ranjau paku. Caranya sesimpel mengisikan cairan tersebut ke dalam ban.

Selasa, 12 Juni 2018 14:15
Ilustrasi: Reddit
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Dimas Wahyu Trihardjanto

Otosia.com - Cairan anti bocor kerap dimanfaatkan ban tipe tubeless supaya terhindar dari urusan ranjau paku. Caranya sesimpel mengisikan cairan tersebut ke dalam ban.

Namun kadang pemilik ban juga melakukan ubahan pada ukuran roda. Misalnya, supaya roda terlihat lebih besar, ukuran ban pun diubah.

Hasilnya, efektivitas cairan anti bocor pun berubah. Hal ini ditekankan oleh Anbul, Sales National Manager PT Tetsan Maju Bersama selaku produsen cairan anti bocor/paku merek IML.

"Berdasarkan SOP, satu ban itu satu cairan. Tapi jika ukuran ban lebih besar, itu (penggunaan cairan anti bocor) bisa dobel," kata dia.

Ukurannya cairan anti bocor yang dibutuhkan tidak benar-benar dobel. Namun, lebih tepatnya ukuran itu bersifat tambahan yang pada intinya ditujukan untuk menyesuaikan.

"Misalnya 500 ml, bisa ditambah 350 ml. (atau) Kalau besar (di atas standar) dia seharusya 800 ml," tambahnya.

Kenapa perlu ditambah? Anbul menjelaskan bahwa medan yang harusnya diselaputi oleh cairan anti bocor ini menjadi lebih besar dari takaran satu botol untuk ban ukuran standar.

"Kalau bocor kan dia (udara) keluar. Karena bannya besar. Atau karena cairannya sedikit, ke pinggir dia enggak kena," ujarnya.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/why/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami