Mengapa Part Motor Ini Disebut 'Leher Angsa'?

Secara umum banyak yang menyebut manifold dengan istilah 'Leher Angsa' atau kalau di Jawa Timur ada juga yang menyebutnya 'Gulu Banyak'.

Jum'at, 21 April 2017 10:15
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam dunia otomotif banyak istilah yang bisa dibilang unik. Terlebih untuk sepeda motor, khususnya pada part-part di sektor mesin.

Penggunaan nama tersebut seperti halnya pada part penghubung karburator dengan intake mesin atau manifold. Secara umum banyak yang menyebut manifold dengan istilah 'Leher Angsa' atau kalau di Jawa Timur ada juga yang menyebutnya 'Gulu Banyak'.

Yang jadi pertanyaan, kok bisa sebuah part motor namanya disamakan dengan anggota tubuh seekor binatang?

Meski belum ada sumber yang pasti, pengadopsian nama tersebut diperkirakan karena bentuk manifold pada umumnya sejumlah sepeda motor menyerupai 'Leher Angsa'. Selain itu manifold pada motor era tahun 2000-an ke bawah rata-rata bentuknya bulat melengkung sangat mirip dengan anggota tubuh unggas tersebut.

Selain itu ada juga yang sudah mengetahui jika part tersebut namanya manifold, tapi karena susahnya penyebutan, mereka lebih enak dengan 'Leher Angsa'. Ada juga yang menyebutnya dengan pengantian huruf "F" jadi "P", jadinya 'Manipol'.

Secara arti bahasa, Manifold sendiri dalam bahasa Inggris memiliki arti pipa bermulut banyak. Sementara secara fungsi, manifold sebagai penyalur campuran antara udara dan bahan bakar minyak (BBM )untuk dimasukkan ke dalam combustion chamber (ruang bakar).

News Menarik Tentang Aksesori Motor Lainnya

(kpl/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami