Pakai Yamaha R3, Akrobatik Wawan Bikin Takjub Freestyeler Thailand

Membesut Yamaha YZF-R3, Wawan mampu mengebiri beberapa freestyler mancanegara, termasuk tuan rumah Thailand.

Senin, 04 April 2016 16:45
foto: Yamaha Indonesia
Editor : Sony

Otosia.com -

Jawara freestyle nasional Wawan Tembong mengharumkan nama bangsa setelah berhasil tampil sebagai juara dalam Motor Show Stunt Grand Prix 2016 yang dihelat bersamaan dengan Bangkok Motor Show pekan lalu di Thailand.

Membesut Yamaha YZF-R3, Wawan mampu mengebiri beberapa freestyler mancanegara, termasuk tuan rumah Thailand.

Kemampuan akrobatiknya sangat membantu kemenangan Wawan kendati menggunakan motor standar, ketimbang peserta lainnya yang lebih banyak memodifikasi motornya. Dengan partisipasinya di Bangkok itu, Wawan mendapatkan pengalaman berharga karena baru pertama kali ikut kompetisi taraf internasional di area indoor.

DI kejuaraan ini Wawan mampu memenangi Rolling Stoppie (Open) dan Big Bike Pro Stunt (250 cc – 600 cc). Kemenangannya itu membuat penasaran freestyler peserta kompetisi itu dan juga para penonton. Pria asal Salatiga, Jawa Tengah, itu menyempatkan memberikan coaching clinic karena banyak yang bertanya mengenai motor Yamaha.

"Mereka ingin tahu banyak jadi saya sempat memberikan coaching clinic. Ketertarikan mereka awalnya karena saya orang Indonesia dan pakai motor buatan Indonesia. Tanya-tanya konsultasi R3 saya set up seperti apa, kelebihan motor itu apa, juga motor sport Yamaha Indonesia lainnya yang 150 cc dan 250 cc bagaimana. Mereka mau undang saya lagi untuk memberikan coaching clinic," cerita Wawan.

"Dengan engine standar, tidak merubah konstruksi dari pabrikan dan hanya mengganti penunjang sparepart, mereka jadi penasaran dengan R3 yang saya gunakan. Saya pun sebenarnya cukup "shock" karena sebelumnya lebih terbiasa dengan motor 250 cc tapi ternyata R3 motornya enak, tenaga besar dan tidak perlu setting rpm tinggi, akselerasi responsif," beber pria kelahiran 1 Juli 1989 itu.

Cukup 3 jam buat Wawan dan timnya untuk set up R3 dan hanya latihan sedikit di lokasi kejuaraan di Bangkok karena waktu yang mepet sebelum kompetisi berlangsung.

"Selamat untuk Wawan Tembong, terimakasih kami ucapkan kepadanya untuk kontribusi luar biasa ini bagi Yamaha. Dengan kemenangannya itu dan antusias besar masyarakat di sana bahkan freestyler Thailand juga ingin konsultasi lebih jauh, merupakan efek positif bagi Wawan Tembong dan juga mendongkrak imej R3. Motor itu sekarang dikenal sebagai motor sang juara di Thailand," ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Sementara itu Yamaha Indonesia mengumumkan bahwa ekspor YZF-R3 ke Thailand sudah dilakukan sejak satu setengah tahun terakhir. Sudah lebih dari 5 ribu unit YZF-R3 yang diekspor ke negeri Gajah Putih sejak pertama kali dieskpor ke Thailand bulan November 2014 hingga April 2016.

YZF-R3 merupakan global model yang diproduksi Yamaha Indonesia dan diekspor ke berbagai negara termasuk Thailand. Jadi rata-rata ada lebih dari 300 unit motor R3 yang diekspor ke Thailand tiap bulannya.

(kpl/nzr/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami