Pakai Lampu Utama Kelewat Terang, Siap-siap Kena 'Cyduq'

Lewat IG NTMC Polri, sebuah kampanye diunggah untuk mengimbau para pengguna lampu yang kelewat terang.

Sabtu, 20 Januari 2018 12:30
Lampu Motor (foto: Spareaze)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Otolovers yang mengikuti adaptasi peraturan dan sejumlah pengubahan aturan yang disesuaikan dengan kebutuhan lalu lintas, pasti melewati masa-masa dimana sepeda motor memasuki masa transisi untuk diperintahkan menyalakan lampu utama di tahun sekitar 2005 hingga tetap berlaku sampai sekarang.

Peraturan yang sudah ada tersebut harus tetap ditegakkan, dengan berdasarkan pada keselamatan pengendara yang lain sehingga lampu utama harus tetap dinyalakan sekalipun di siang hari. Tapi terkadang ada saja yang menggunakan modifikasi lampu utama yang berlebihan bahkan terlampau terang untuk menggunakan LED.

Dan akun Instagram NTMC Polri mencoba untuk memberikan himbauan lewat video yang diunggah ulang dari IG Polri Turjawali Karanganyar. Dengan menggunakan parodi yang sudah dibuat sebelumnya, para pengendara motor memang diharuskan untuk menyalakan lampu utama, tapi tidak dengan intensitas pendar yang berlebih-lebihan.

Karena peraturan tersebut sudah tertera pada Pasal 279 Jo pasal 58 UULAJ No 22 Tahun 2009, dimana pelanggaran lampu tersebut juga akan dikenakan penilangan terhadap pengendara. Hal ini juga termasuk dengan modifikasi lampu strobo dan sejenisnya. Safe ride!

BACA JUGA YANG LAINNYA:

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami