Pakai Airbag Eksternal Bisa Tekan Risiko Cedera Kecelakaan

Airbag normalnya terpasang di kabin mobil. Saat terjadi kecelakaan atau benturan keras, fitur ini akan mengembang dan mengurangi fatalitas kecelakaan.

Rabu, 5 Desember 2018 21 : 45 WIB
Airbag eksternal (Autoblog)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Airbag normalnya terpasang di kabin mobil. Saat terjadi kecelakaan atau benturan keras, fitur ini akan mengembang dan mengurangi fatalitas kecelakaan.

Tapi bagaimana jika airbag terpasang di bagian luar mobil? Sebenarnya airbag eksternal ini bukanlah hal yang baru. Tata letak fitur ini pun telah diuji.

Dilansir autoblog, ZF mengklaim risiko cedera penumpang movil dapat ditekan hingga 40 persen berkat penggunaan airbak eksternal. Angka tersebut menjadi alasan perlunya menggunakan airbag eksternal di mobil jika airbag eksternal siap diproduksi massal.

Bagaiamana cara kerjanya? Airbag eksternal dirancang untuk ditempatkan di samping mobil dan berfungsi sebagai crumple zone tambahan saat terjadi tabrakan. Airbag eksternal akan terlihat seperti bantal berukuran besar, menyerap energi tabrakan dan dari samping.

Tantangan terberatnya adalah membaut airbag mengembang sebagaimana mestinya. Mobil harus mendeteksi saat tabrakan akan terjadi, dan meledakkan airbag sepersekian detik sebelum tabrakan terjadi. hal tersebut harus diperhitungkan secara matang, karena tak ada pengguna mobil yang ingin airbagnya aktif di saat tidak dibutuhkan.

Menurut ZF, airbag eksternal bisa dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi lidar, radar, ultrasonik, dan kamera.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

 (kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami