ADVERTORIAL

Pahami Kebutuhan Konsumen, Kunci Sukses Bikin Awet Bisnis Startup

Apa saja yang perlu dilakukan sebuah startup agar makin dicintai pelanggannya?

Kamis, 19 April 2018 05:00
The NextDev 2018 / Stella Maris
Editor : Dwi Ariyani

Otosia.com - Bengkel yang baik bukan hanya memberikan layanan perbaikan dengan kualitas tinggi. Lebih dari itu, pelanggan bakal lebih terpuaskan kalau ada interaksi antara mekanik dengan pemilik mobil. Ya, servis mobil sebaiknya memang bukan hanya menyerahkan kunci kepada pihak bengkel. Lebih dari itu, konsumen pasti ingin mendapatkan komunikasi yang baik sehingga bisa mencurahkan uneg-unegnya, segala yang dirasakan saat berkendara agar mekanik tahu apa saja yang perlu diperbaiki.

Begitu juga di dunia bisnis startup, mirip dengan bengkel. Sebuah startup yang peka terhadap konsumen bakal menjadi langganan bagi banyak orang, meski ada banyak produk dengan layanan sejenis yang menjadi pesaing mereka.

Startup yang mampu mengolah segala masalah yang ada pada masyarakat, kemudian menjadikan solusi untuk penyempurnaan produk mereka bakal mampu meraih kesuksesan. Setidaknya itulah inti dari materi berjudul "Market Validation: Make Sure Customer Want and Need Your Product," yang disampaikan oleh Vikra Ijas pada The NextDev Academy 2018.

Menurut Co-Founder dan Credit Marketing Officer dart Kitabisa.com tersebut, setiap pemilik platform harus bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

"Bagi yang punya platform, harus dilihat secara holistik apa sebenaranya kebutuhan customer. Saat itu juga kebutuhan tersebut harus dilihat dari sisi yang lain apakah berdampak atau tidak," jelas Vikra.

Apa saja yang perlu dilakukan sebuah startup agar makin dicintai pelanggannya? Ketahui selengkapnya di sini.

(kpl/aik)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami