Pahami Ban yang Cocok Buat Jalan Jelek Berlumpur dan Berbatu

Berikut temuan spesifikasi ban yang dibutuhkan untuk jalan jelek lumpur kombinasi batu

Kamis, 13 Februari 2020 14:15
Pahami Ban yang Cocok Buat Jalan Jelek Berlumpur dan Berbatu Peluncuran Ban Offroad Delium (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Jalan dengan kondisi jelek masih mudah ditemui di sejumlah wilayah Indonesia. Mana kala infrastruktur sedang berkembang, para pengendara ditantang untuk melewati jalan-jalan ini. Tidak jarang pula, jalan batal ditembus.

Coba saja hitung sudah berapa banyak alasan "terkendala kondisi jalan" manakala sebuah titik mesti dituju. Di sisi lain, ini juga jadi tantangan buat penyuka offroad.

"Menyusuri medan menantang seperti jalanan berbatu, berpasir, berlumpur
hingga lintasan yang terjal seringkali menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi
para pecinta olahraga off-road," kata Edwin Joetan, Kabag Penjualan Untuk Indonesia dan Amerika Utara PT Industri Karet Deli.

 

1 dari 2 Halaman

PT Industri Karet Deli, produsen ban Swallow dan Delium yang memproduksi ban sepeda, sepeda motor, mobil dan truk untuk medan on-road maupun off-road membahas sejumlah temuan spesifikasi ban yang dibutuhkan untuk jalan jelek lumpur kombinasi batu.

"Desain alur atau channel di tengah tapak untuk pembuangan lumpur. Kombinasi channel dan groove memungkinkan tapak mengikuti enveloping bentuk medan yang dilalui sehingga memaksimalkan traksi," kata dia.

Lainnya, pola uni wrap around design yang membantu daya cengkeram ban ketika di medan off road. Di sini, pola tapak desain zig zag dinilai cocok untuk melawan daya lateral/ samping (lateral slide) ketika melewati medan miring.

2 dari 2 Halaman

Sekian ide itu lalu juga dikembangkan pada ban XTreme Xpedition yang kemudian dibuat dalam ukuran 35x10.5-15LT 6PR/TL dan 37x12.5-16LT 6PR/TL.

Selain ide-ide di atas, ban ini juga punya 2 lapisan nylon untuk memperkuat ban terhadap benturan dan tusukan. Konstruksi multiple nylon di bagian tapak dan dinding samping memberikan ketahanan untuk muatan ekstra.

Delium Xtreme Xpedition dibanderol dalam rentang harga Rp2 jutaan sampai Rp3 jutaan.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami