Pahami 4 Isyarat ini Jika Touring Motor Bersama-sama

Ketika touring dengan sepeda motor secara berkelompok, sedikitnya ada empa isyarat atau kode yang harus dipahami oleh bikers.

Rabu, 26 Agustus 2020 15:15
Pahami 4 Isyarat ini Jika Touring Motor Bersama-sama Ilustrasi turing skutik (Istimewa)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Touring sepeda motor bersama-sama teman bisa menjadi salah satu kegiatan melepas penat. Bisa dibilang touring sudah menjadi sarana hiburan setelah melewati berbagai kesibukan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan bagi beberapa komunitas, merupakan agenda kegiatan wajib. Apalagi touring secara bersama-sama sambil menikmati keindahan alam saat perjalanan menuju kota tujuan.

Perjalanan saat touring tentunya bervariasi, bikers akan menemukan perjalanan yang berliku hingga naik turun. Untuk itulah perlu diperhatikan beberapa hal agar perjalanan touring menjadi aman dan nyaman. Sebab, hal paling diutamakan ketika touring adalah keselamatan berkendara.

Namun saat touring bersama bikers lainnya, biker wajib mengetahui beberapa hal seperti simbol atau sandi-sandi dalam touring grup.

 

 

1 dari 4 Halaman

"Ada beberapa sandi dasar ketika berkendara yang aman jika para biker melakukan perjalanan lebih dari 1 motor atau grup, agar perjalanan aman dan nyaman serta tidak mengganggu pengguna jalan lain,” buka Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Selain itu hal lain yang disarankan adalah untuk fokus dan tetap memberikan sandi atau kode aman berkendara di jalan raya. Ini berfungsi supaya anggota atau rekan kita saat konvoi bersama bisa menghindari jalan rusak atau berada di jalur yang benar.

 

2 dari 4 Halaman

"Hal ini dilakukan biasanya dilakukan oleh Road Captain yang merupakan pengendara sepeda motor yang memimpin perjalanan touring," kata Ludhy. 
Tugas dari Road Captain adalah memberikan informasi kepada para anggota lainnya seperti untuk menghidupkan mesin, adanya jalan berlubang ketika di perjalanan, memberikan isyarat berbelok dan berhenti perlahan.

Menurut Ludhy sedikitnya ada 4 isyarat yang harus dipahami ketika melakukan touring bersama-sama, terutama untuk pemula. Berikut sandi yang harus diperhatikan saat touring:

 

3 dari 4 Halaman

1. Menyalakan mesin

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk, hal ini mengisyaratkan kepada rombongan untuk menghidupkan sepeda motor nya.

2. Jalan berlubang

Road Captain memberikan sandi dengan cara menurunkan tangan kiri yang menandakan bahwa ada jalan yang berlubang saat dilewati oleh rombongan.

 

4 dari 4 Halaman

3. Berbelok

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat tangan kiri lalu mengarahkan pada arah tujuan saat akan berbelok yang akan dituju oleh rombongan touring. Isyarat ini dilakukan sebelum berbelok.

4. Berhenti perlahan

Road Captain memberikan sandi dengan mengepalkan tangan kiri-nya menandakan kita harus berhenti secara perlahan.

"Selain kita harus memahami sandi-sandi dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Pengendara juga wajib menggunakan helm, jaket, sarung tangan, dan masker untuk selalu tetap aman saat berkendara," pungkas Ludhy.

 

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami