Pahami 3 Perbedaan Pelumas Lama dan Oli Baru

Kendati tingkat kekentalan yang sama dan untuk kendaraan yang sama pula, pelumas lama dan baru memiliki perbedaan yang sangat mendasar, terutama lapisan film.

Rabu, 07 April 2021 13:15
Pahami 3 Perbedaan Pelumas Lama dan Oli Baru Ilustrasi pelumas terbaru Mobil Super (Mobil1)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Oli sejatinya melumasi mesin mobil. Berangkat dari pemahaman ini, ada saja pikiran bahwa untuk apa mengganti oli jika fungsi pelumasan masih tersedia.

Setidaknya ada tiga hal yang sangat penting diperhatikan mengenai penggunaan cairan pelumas mesin ini. Oli lama dan oli baru jelas berbeda dan ternyata berefek fatal.

 

 

1 dari 4 Halaman

Pertama adalah film. Ini merupakan lapisan tipis yang secara spesifikasi berbeda-beda di tiap oli dan perbedaan tersebut terkait dengan perbedaan jenis mobil dan mesinnya, alias kesesuaian dengan grade.

Dengan perbedaan film apalagi jika sudah tidak optimal karena sudah aus, maka seperti dijelaskan Isharrizki selaku Engineering Service Manager ExxonMobil, akan membuat gesekan hebat.

"Tingkat keausan (pada oli) dan grade yang kurang baik akan menyebabkan pelumas tidak akan memberikan perlindungan optimal. Film yang ada kurang melindungi, dan gesekan akan terjadi berlebihan sehingga menyebabkan keausan," ujarnya saat peluncuran virtual pelumas Mobil Super, Senin (5/4/2021).

2 dari 4 Halaman

Kedua, gesekan akan menyebabkan suhu mesin menjadi tinggi di luar yang seharusnya. Akibat dari suhu tinggi tersebut, umur komponen menjadi lebih pendek. Alhasil, pengguna harus keluar biaya besar terkait perbaikan.

"Ketiga, sludge. Saat kita melihat mesin kotor ada yang berwarna gelap, ini deposit oli, atau teroksidasi olinya. Kontaminasi bisa datang dari cooling system atau parahnya kontaminasi bahan bakarnya," ujarnya.

Dengan tiga problem pembeda antara oli lama dan oli baru, maka efeknya pun berlanjut karena satu sama lain bersifat saling bergantung.

"Komponen aus, sistem pembakaran tidak sempurna, banyak bahan bakar yang tidak terbakar sebagai energi tetapi karbon saja. Ini juga membuat BBM boros," kata dia.

3 dari 4 Halaman

Mobil Super

Bicara keausan, ExxonMobil sendiri baru saja memperkenalkan produk Mobil SuperTM yang diklaim telah diperbarui. Mobil SuperTM menawarkan perlindungan kendaraan dan diklaim dapat meghemat biaya para pemilik mobil dalam merawat kendaraan mereka.

Peluncuran ini sendiri dilakukan saat para pengemudi di Indonesia sedang mengalami dampak dari pandemi COVID-19, dan menjadi lebih bijak terkait pengeluaran.

Ia pun membeberkan formula dari produk baru Mobil Super ini, yakni Mobil Super All-in-One Protection yang merupakan oli mesin full sintetik dengan molekul Anti-WearTM sehingga ketika mesin mobil memanas, produk akan melindungi dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

4 dari 4 Halaman

Lalu ada Mobil Super Friction Fighter, yakni oli mesin dengan teknologi sintetik yang memiliki formula molekul FrictionFighterTM untuk menciptakan lapisan pelindung padat yang dapat melindungi bagian-bagian mesin saat saling bersentuhan.

Ada pula Mobil Super Everyday Protection, oli mesin mineral premium yang diformulasikan dengan molekul ExtEngineTM (anti-aus yang mencegah kerusakan mesin). Tujuannya untuk memperpanjang umur mesin.

Ia menambahkan mengenai adanya alat pencarian lokasi bengkel Mobil yang tersedia di website Mobil maka akan mempermudah pemilik kendaraan mencari bengkel Mobil terdekat.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami