Pabrikan Mobil Korea Jadi yang Terbaik di Dunia, Kok Bisa?

Tiga pabrikan asal Korea, Genesis, Kia, dan Hyundai berhasil menjadi yang paling berkualitas.

Kamis, 21 Juni 2018 12:15
Foto: 2017 Genesis G90/ Motortrend.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Baru-baru ini, J.D. Power merilis hasil penelitiannya yang bertajuk Initial Quality Study. Mengutip dari Carscoops.com, riset ini dilakukan untuk menentukan kualitas pabrikan mobil dunia berdasarkan permasalahan yang muncul dari 100 mobil baru selama 90 hari kepemilikan.

Riset tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas selama empat tahun terakhir. Bahkan, J.D. Power Vice President of Global Automotive, Dave Sargent, menyatakan bahwa berbagai industri mobil telah melakukan pekerjaan terbaik dengan mendengarkan konsumen mereka dan memiliki produk berkualitas.

Rangking Initial Quality Study J.D. Power

Menariknya, berdasarkan riset tersebut, posisi tiga teratas justru dihuni oleh pabrikan asal Korea, yaitu Genesis, Kia, dan Hyundai. Sementara di bawahnya, terdapat Porsche, Ford, dan Chevrolet.

Posisi terbawah dihuni oleh Land Rover dengan 160 permasalahan pada 100 mobilnya dalam 90 hari kepemilikan. Sebagai perbandingan, rata-rata pabrikan hanya memiliki 93 permasalahan pada jangka waktu yang sama. Tepat di atasnya ada pabrikan Eropa lainnya Jaguar dan Volvo.

2017 Kia Rio

Tidak semua mobil memiliki kualitas yang sama meski berasal dari satu pabrikan. Hal itu terlihat dari industri yang berada di bawah rata-rata tapi beberapa produknya menjadi yang terbaik.

Kia Rio menjadi yang terbaik di kelas mobil kecil, sedangkan mobil kompak justru dihuni oleh Toyota Corolla. Di sektor mobil mewah Acura ILX dan BMW 4-series menuai nilai tertinggi.

2019 Nissan Altima

Posisi teratas sedan mid-size diisi oleh Nissan Altima, sedangkan premium mid-size terbaik jatuh kepada Lincoln Continental. Nissan kembali menjadi yang terbaik di sektor mobil besar dengan produknya, Nissan Maxima. Untuk kelas premium, Genesis G90 berhasil mengalahkan BMW 7-series dan Mercedes-Benz S-Class.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami