Pabrikan Mobil China Akan Rebut Hati Pasar Indonesia

Selama ini, pasar mobil Indonesia terus dikuasai oleh produk Jepang. Mereka pun terus dicari oleh konsumen di tanah air.

Selasa, 01 Mei 2018 19:45
Foto: Nazar Ray
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Selama ini, pasar mobil Indonesia terus dikuasai oleh produk Jepang. Mereka pun terus dicari oleh konsumen di tanah air.

Namun hal tersebut bukan halangan bagi merek dari luar Jepang, seperti brand Sokon atau Dongfeng Sokon (DFSK) untuk melebarkan sayapnya di Indonesia, melalui PT Sokonido Automobile.

Bahkan Co-CEO PT Sokonido Automobile Alexander Barus, optimistis akan peluang pasar otomotif nasional.

Akan tetapi, Alexander menyadari bahwa konsumen Indonesia sempat mengalami kekecewaan terhadap brand China seperti yang terjadi beberapa tahun lalu karena sepeda motor.

"Ada beberapa merek motor (Cina) diimpor, tetapi enggak ada aftersales. Kami DFSK, investasi di Indonesia ratusan juta dolar, apakah mungkin kita lari begitu saja dari sini? Rasanya tidak mungkin," ungkap Alexander saat ditemui wartawan Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Alaxander menyatakan, meski DFSK telah membangun pabrik di Cikande, Serang, Banten, dan sejumlah dealer hal itu kemungkinan belum sepenuhya dipercaya.

Akan tetapi untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen di Indonesia, DFSK punya strategi.

"Pertama, makanya kami kasih garansi produk kami selama tujuh tahun garansi atau selama 150 ribu kilometer. Dengan demikian, kalau Anda beli mobil kami, pasti merasa worry free (tidak khawatir). Jadi tak masalah," ujarnya.

Kedua, lanjut Alexander, DFSK akan menyediakan layanan aftersales seperti spare part, maintenance, dan kecepatan merespon keluhan pelanggan.

"Jadi dua pendekatan kami agar orang percaya, satu dari garansi dan kedua layanan aftersales service, dan ini butuh perjalanan panjang," katanya.

Ia pun menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan ekspansi bisnis. Salah satunya ialah pembangunan engine plant di Indonesia, seperti bagian perakitan.

Sumber: Liputan6.com

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami