Pabrikan China Patenkan Desain Mobil Mirip Volkswagen Beetle

Ini wujud paten dari desain mobil China yang mirip Volkswagen Beetle

Selasa, 06 Juli 2021 22:15
Pabrikan China Patenkan Desain Mobil Mirip Volkswagen Beetle Mobil China mirip VW Beetle (Carscoops)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Sudah bukan rahasia umum lagi jika pabrikan otomotif asal China kerap meniru desain dari merek lainnya. Terbaru adalah tiruan mobil Volkswagen Beetle.

Mobil itu adalah ORA Punk Cat. Kendaraan listrik karya Great Wall Motor yang begitu menarik perhatian di Shanghai Motor Show 2021 pada April lalu.

1 dari 3 Halaman

Melansir Zing, menanggapi masalah ini, perwakilan dari Volkswagen mengaku masih mendalaminya. Jika memang terjadi pelanggaran hak cipta, maka mereka akan membawanya ke ranah hukum.

"Kami telah memeriksa masalah ini, jika ada pelanggaran hak cipta desain Volkswagen AG, kami akan mengambil langkah hukum yang diperlukan," kata pihak Volkswagen.

2 dari 3 Halaman

Meski pihak Volkswagen telah memberi pernyataan seperti itu, pabrikan mobil China tetap mematenkan dua desain mirip Beetle. Tak hanya di daratan China saja, tetapi juga di Eropa. Kedua model ini telah terdaftar di European Union Intellectual Property Office (EU IPO).

Salah satunya adalah Punk Cat yang melantai di Shanghai Auto Show 2021. Mobil ini memiliki desain mirip Beetle dengan lampu dan fender bulat. Bahkan rodanya begitu mirip dengan Beetle.

3 dari 3 Halaman

Model kedua memiliki desain lebih klasik. Kaca depan bergaya era 60-an, roda lebih rata, dan pintu belakang disesuaikan ke lengkungan roda. Selain itu juga disematkan spoiler bebek yang ditempatkan di bawah kaca belakang.

Meski begitu, dua paten mobil listrik ini memiliki perbedaan dengan Beetle, seperti spatbor lebih lebar, atap lebih bulat, dan potongan pintu belakang yang lebih sempit.

Sementara itu, menurut Carscoops, Great Wall mengajukan 2 paten ini pada 3 Juni 2021, kemudian disetujui pada 11 Juni.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami