Pabrik Sokonindo Indonesia Siap Bersaing Secara Global

Pabrik PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) yang baru buka di Serang, Banten telah mengadopsi Industry 4.0.

Rabu, 29 November 2017 20:45
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Pabrik PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) yang baru buka di Serang, Banten telah mengadopsi Industry 4.0. Sistem ini nampak dalam penggunaan robot untuk memproduksi mobil di pabrik Sokonindo.

Pengaplikasian sistem itu pun mendapatkan apresiasi dari pemerintah Indonesia. Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, hal ini menjadi pembuktian bahwa Indonesia siap bersaing secara global.

"Karena pabrik ini dari awal sudah didesain untuk Industry 4.0, sehingga memiliki daya saing yang kuat. Sering disampaikan industri otomotif kita kurang kompetitif. Tetapi dengan hadirnya Industry 4.0 di Serang jelas Indonesia menjadi kompetitif. Industry 4.0 itu semua negara sedang masuk dalam fase industri revolusi keempat, dan Indonesia masuk bersama negara-negara ini," ucap Airlangga.

Airlangga juga mengapresiasi konsep FMS (Flexible Manufacturing System) yang diusung pabrik Sokonindo. Konsep tersebut memungkinkan Sokonindo untuk memproduksi produk harga terjangkau dengan investasi yang relatif lebih rendah.

Di samping itu, dengan pemanfaatan industri lokal sebagai pemasok bahan baku dari hulu ke hilir oleh Sokonindo mampu menambah kekuatan dan daya saing industri otomotif Indonesia.

"Kalau saya boleh jujur, bahan baku yang dipakai sini (PT Sokonindo Automobile) itu dari Krakatau Steel. Ini menunjukkan bahwa kita sudah mampu melakukan pendalaman struktur industri dengan lokal yang tinggi," jelas Airlangga.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fid/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami