Pabrik Nissan Tutup, Produksi All New Livina Jalan Terus

All-new Livina tetap akan diproduksi di pabrik Mitsubishi meski pabrik Nissan di Purwakarta yang membuat mesin Livina ditutup.

Kamis, 04 Juni 2020 15:15
Pabrik Nissan Tutup, Produksi All New Livina Jalan Terus All-new Nissan Livina (Otosia.com/Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kendati Nissan Motor Indonesia menutup pabriknya di Kota Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, produksi All-new Livina tetap jalan terus. Meski sepak terjang All New Nissan Livina tidak semnasi saudara kembarnya, Mitsubishi Xpander, Livina tetap dibuat di pabrik Mitsubishi Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi.

MMKI sendiri direncanakan akan mengambil alih pabrik PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di Purwakarta.

"Nissan terus bekerja sama dengan mitra aliansi kita untuk memastikan manufacturing footprint di Indonesia. Sebagai contoh All-new Nissan Livina akan terus diproduksi di pabrik Mitsubishi di Indonesia," kata Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani.

 

 

1 dari 2 Halaman

Hingga Maret lalu penjualan All-new Livina belum menunjukkan tren positif. Pada Maret 2020, Livina hanya terjual 259 unit. Sementara pada Januari 2020 lalu terjual 406 unit dan meningkat menjadi 523 unit pada Februari 2020.

Berbeda dengan kembarannya, Mitsubishi Xpander. Berdasarkan data year on year (yoy) sejak Maret 2019 total penjualan whole sales Xpander sebanyak 62.666 unit. Capaian tersebut jauh lebih besar dibandingkan Livina yang hanya sebanyak 9.775 unit.

Sementara itu untuk model-model lain, Nissan Indonesia akan mengimpornya dari negara-negara lain. Kelak model-model Nissan yang masuk ke Indonesia akan didatangkan langsung dari Negeri Gajah Putih selain Jepang.

"Tidak semua, ada dari Thailand, ada dari Jepang, ada pula yang tetap diproduksi di Indonesia (Livina)," tukas Hana.

2 dari 2 Halaman

Sebelumnya diberitakan, tidak ada peningkatan penjualan, akhirnya Nissan Motor Co Ltd menutup pabriknya yang ada di kawasan Kota Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.

Sejak 11 tahun terakhir penjualan Nissan terus menurun dan kalah bersaing dengan merek-merek lain, dan merugi 6,2 miliar US dolar pada Maret 2020.

Aroma kabar akan tutup pabrik Nissan di Indonesia memang sudah tercium sejak akhir 2019 lalu. Saat itu, melalui Makoto Uchida, Presiden dan CEO Nissan Motor Co Ltd mengatakan bahwa penutupan pabrik merupakan rencana strategis Nissan dalam rencana empat tahun mendatang. 

Nissan akan berkonsentrasi pada pabrik Thailand sebagai basis produksi tunggal untuk pasar ASEAN. Langkah penutupan pabrik tidak hanya dilakukan di Indonesia saja. Nissan juga menutup pabriknya yang ada di Spanyol, bahkan ada rencana akan merambat ke India. Untuk wilayah Eropa dipusatkan di pabrik Nissan yang ada di Sunderland, Inggris.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami