Pabrik Hyundai di Indonesia Akan Produksi Mobil SUV, Listrik, Hingga untuk Ekspor

Mobil sedan, compact SUV, compact MPV, dan kendaraan listrik akan diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang Indonesia. Produk pabrik Cikarang juga akan diekspor untuk memenuhi pasar negara-negara ASEAN.

Selasa, 26 November 2019 20:45
Pabrik Hyundai di Indonesia Akan Produksi Mobil SUV, Listrik, Hingga untuk Ekspor Hyundai Venue 2020 (Topspeed)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Hyunai Motor akan membuka pusat manufaktur berbasis kawasan ASEAN di Indonesia. Pabrik tersebut berlokasi di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat.

Pada pabrik baru itu, kapasitas produksi diperkirakan akan mencapai 150.000 unit per tahun. Saat kapasitas penuh, pabrik tersebut bahkan mampu memroduksi kendaraan sebanyak 250.000 unit.

Hyundai berencana memroduksi compact SUV, compact MPV, dan model sedan yang dirancang khusus untuk pasar Asia Tenggara, di pabrik baru Indonesia itu. Pada fasilitas ini, Hyundai juga akan menggabungkan fasilitas untuk stamping, pengelasan, dan pengecatan, serta perakitan.

1 dari 2 Halaman

Hyundai juga tengah menjajaki produksi kendaraan listrik di pabrik Indonesia. Bersama dengan perusahaan afiliasinya, KIA Motors Corporation, Hyundai bertujuan menjadi produsen kendaraan listrik ketiga terbesar di dunia, pada tahun 2025.

Selain kendaraan jadi, pabrikan asal Korea Selatan itu juga berencana akan mengekspor 59.000 unit kendaraan completely knocked down (CKD), setiap tahun. Rencananya, produksi di pabrik Cikarang ini juga untuk memenuhi kebutuhan di pasar utama ASEAN, seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

2 dari 2 Halaman

Ekspor ke Luar ASEAN

Ekspor ke Luar ASEAN

Hyundai juga mempertimbangkan negara di luar ASEAN untuk tujuan ekspor. Mobil yang diproduksi di pabrik seluas 77,6 hektar itu, juga rencananya akan diekspor ke Australia dan Timur Tengah.

Hyundai berharap untuk mendapatkan manfaat dari pemberlakuan tarif preferensial di pasar-pasar tersebut, yang berlaku untuk barang-barang yang berasal dari kawasan ini. Berdasarkan Ketentuan Asal barang (Rules of Origin) dari perjanjia kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA), barang dengan kandungan konten lokal setidaknya 40 persen, bisa dikenai pembebasan tarif.

Sebagai informasi, Hyundai Motor berencana akan membangun pabrik di Cikarang, Indonesia, pada Desember 2019. Sementara produksi di pabrik tersebut akan dimulai pada paruh kedua tahun 2021. Nilai investasi pabrik Hyundai di Indonesia mencapai USD 1,55 miliar hingga tahun 2030.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami