Otomotif Indonesia Bakal Geser Dominasi Thailand?

Thailand memiliki banyak hal yang menarik minat prinsipal otomotif dunia untuk berinvestasi. Namun dengan populasi penduduk yang besar, Indonesia diprediksi bisa menggulingkan dominasi Negeri Gajah Putih. Benarkah?

Kamis, 16 Agustus 2012 22:05
Ilustrasi IIMS 2011
Editor : Anton

Otosia.com - Beberapa produsen otomotif dunia makin 'kepincut' dengan Indonesia. Hal itu bisa dibuktikan dengan makin banyaknya model-model baru yang diluncurkan di Tanah Air.

Tak bisa dipungkiri, ASEAN terus berkembang menjadi pasar otomotif paling potensial di kawasan timur dunia, setelah China dan India. Lembaga peneliti Frost & Sullivan memprediksi bahwa ASEAN akan menduduki peringkat keenam dalam pasar otomotif global pada 2018.

Maka tak heran jika merek-merek global seperti Toyota, General Motors, Ford, Mazda, Mitsubishi dan Honda, telah memilih Indonesia sebagai basis produksi mereka, setelah Thailand.

"Penjualan mobil di Thailand dan Indonesia akan menyentuh 1 juta unit mulai tahun depan, didorong oleh permintaan domestik yang terus naik," ujar Vijayendra Rao, Manajer Riset Praktis Otomotif-Asia Pasifik Frost & Sullivan, seperti dilansir Paultan, Kamis .

Kemampuan daya beli yang ikut terkerek dan investasi signifikan dari produk pemasok pabrik dari Jepang ikut jadi perangsang

Walau sektor otomotif sama-sama berkembang, namun Indonesia tak bakal bisa menggulingkan Thailand. Industri pendukung otomotif yang berkembang, insentif, pasokan bahan baku lancar dan sumber daya yang terampil, menjadikan Negeri Gajah Putih itu tetap menjadi pilihan utama prinsipal otomotif dunia.

Tapi dengan populasinya yang masif yang bisa mendatangkan keuntungan yang besar, cepat atau lambat Indonesia bakal bisa memimpin pasar otomotif ASEAN.

(kpl/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami