Orang Amerika 'Takut' Habiskan Uang untuk Beli Mobil Baru, Lebih Suka Mobil Tua

Bisa memroduksi mobil sendiri, bukan berarti orang-orang di Amerika Serikat doyan gonta-ganti mobil. Studi menunjukkan rata-rata usia pakai mobil orang Amerika Serikat mencapai 11,9 tahun.

Selasa, 04 Agustus 2020 22:15
Orang Amerika 'Takut' Habiskan Uang untuk Beli Mobil Baru, Lebih Suka Mobil Tua Orang AS lebih memilih pakai mobil yang sudah lama mereka gunakan (Carbuzz)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Orang-orang Amerika Serikat tampaknya enggan untuk membeli mobil baru. Mereka dirasa lebih nyaman menggunakan mobil yang sudah lama mereka pakai.

Hal itu diketahui dari studi yang dilakukan oleh IHS Markit. Rata-rata usia pakai mobil di Amerika Serikat mencapai 11,9 tahun.

Angka itu dinilai menunjukkan bahwa orang Amerika 'takut' mengeluarkan uang untuk membeli mobil baru. Dari angka tersebut juga, sekitar seperempatnya adalah mobil pribadi yang sudah berumur 16 tahun bahkan lebih.

1 dari 2 Halaman

Fakta itu tentu mengejutkan, mengingat Amerika Serikat adalah salah satu pasar mobil terkemuka di dunia. "Kualitas kendaraan di jalan menjadi perhatian besar. Pemilik mobil semakin ingin menggunakan mobil selama mungkin," ujar Wakil Presiden IHS Markit Bidang Solusi Purna Jual, Todd Campau, disitat dari Carbuzz.

Di sisi lain, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membayar orang Amerika Serikat belum pulih. Sementara harga mobil terus meningkat sehingga mereka harus puas dengan mobil yang mereka miliki saat ini.

 

2 dari 2 Halaman

Pandemi COVID-19

Selain itu, situasi ekonomi yang tak menentu akibat pandemi COVID-19 juga memengaruhi permintaan pembelian mobil di Amerika Serikat. Hal ini juga akan memengaruhi umur dari kendaraan pada tahun-tahun mendatang, seperti perkiraan dari IHS Markit.

Di Amerika Serikat, ada 280 juta mobil terdaftar. Angka itu disebut adalah rekor. Nah 14 juta kendaraan diperkirakan yang terdaftar tahun ini.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami