Nissan Berencana Hengkang dari Aliansi dengan Renault

Skandal Carlos Ghosn memunculkan rencana di kubu Nissan untuk berpisah dengan Renault.

Selasa, 14 Januari 2020 14:15
Nissan Berencana Hengkang dari Aliansi dengan Renault Nissan (electrive.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Kolaborasi antar pabrikan mobil saat ini merupakan hal yang lumrah, Renault-Nissan-Mitsubishi, Fiat Chrysler Automobiles dengan Groupe PSA asal Perancis, dan berbagai merek di bawah Volkswagen Group.

Tujuannya tentu untuk memunculkan ide-ide baru bagi pasar otomotif global. Selain itu, aliansi ini juga bisa mengurangi biaya riset per pabrikan lantaran bisa saling bertukar teknologi dan berbagi platform.

Hanya saja, mengutip dari Financial Times, Nissan berencana untuk hengkang dari aliansinya bersama Renault. Wacana ini sebenarnya telah muncul sejak bos Nissan, Carlos Ghosn terganjal masalah hukum di Jepang.

 

1 dari 2 Halaman

Carlos Ghosn yang ketahuan kabur ke Lebanon belum lama ini juga menjadi salah satu faktor yang memunculkan keretakan dalam kolaborasi Nissan dengan Renault.

Karena itu, seorang eksekutif senior Nissan kabarnya sedang menyusun rencana untuk menghentikan kolaborasi dengan Renault. Pemisahan ini mencakup engeneering dan juga lini produksi.

Sebenarnya, beberapa petinggi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi telah memprediksi bahwa hal semacam ini akan terjadi pasca skandal Carlos Ghosn. Ketiga merk ini berupaya cepat mencari petinggi baru.

2 dari 2 Halaman

Seiring berjalannya waktu serta beragam masalah yang muncul justru membuat Nissan merasa bahwa jalan mereka dihambat Renault. Namun, pabrikan asal Perancis itu adalah pemegang saham terbesar sehingga tak bisa "digusur" dengan mudah.

Kabar ini sebenarnya agak bertentangan dengan peryataan Jean-Dominique Senard, petinggi Nissan. Ia pernah menyebut bahwa pihaknya akan memperkenalkan beberapa proyek kolaborasi bersama Nissan dan Mitsubishi.

Masih belum ada kabar lebih lanjut terkait konsep pemisahan ini. Yang jelas, hubungan antara Nissan dengan Renault telah terjalin sejak tahun 1999. Kolaborasi keduanya bersama Mitsubishi juga berhasil menguasai pasar otomotif global.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami