Ngaku Anak Motor? 8 Istilah Ini yang Harus Kamu Tahu

Istilah-istilah otomotif tak hanya soal partisi atau komponen kendaraan saja. Apalagi bagi orang-orang yang mengaku sebagai anak motor, ada beberapa istilah selain itu.

Jum'at, 08 Februari 2019 17:15
Ilustrasi touring (lbb.in)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Istilah-istilah otomotif tak hanya soal partisi atau komponen kendaraan saja. Apalagi bagi orang-orang yang mengaku sebagai anak motor, ada beberapa istilah selain itu.

Bahkan kadang, dalam sebuah komunitas motor, ada istilah yang harus dimengerti para anggotanya. Bahasa-bahasa unik itu biasanya akan membuat feel sebagai anak motor makin terasa.

Mengutip Top1 Indonesia, ada beberapa yang perlu kamu tahu jika kamu adalah anak motor.

Kopdar

Kopdar sebenarnya sebuah singkatan dari kopi darat. Istilah ini diartikan sebagai kegiatan kumpul sesama anggota, klub, atau forum otomotif.

Rolling

Rolling ini adalah kegiatan berkeliling wilayah tertentu, biasanya sekitar kota saja, karena rolling biasa dilakukan setelah selesai kopdar.

Sunmori

Ini istilah yang belum lama ngetrend. Soalnya, banyak blogger dan vlogger yang pakai istilah ini. Sunmori sendiri adalah Sunday Morning Ride. Sesuai namanya, aktivitas ini akan dilakukan setiap hari Minggu pagi.

Selain sunmori, ada juga tourjib dan tourgab. Tourjib berarti tour wajib, yang diikuti oleh anggota komunitas ke tujuan yang cukup jauh. Sedangkan tourgab berarti touring gabungan, yang diikuti oleh beberapa anggota komunitas.

Road Captain

Tugas road captain ini sama denan ketua kelompok saat touring. Road captain bertanggung jawab penuh terhadap kelancaran dan keselamatan para rombongan.

Juga bertanggung jawab untuk urusan administrasi, seperti surat izin. Seorang road captain biasanya harus memiliki problem solving yang cepat dalam mengambil keputusan.

Safety Officer

Kalau kamu paham betul dinamika perjalanan, hafal jalan, dan seluk beluknya, maka kamu cocok menjadi safety officer. Posisi ini bertugas untuk menunjukkan arah yang benar dan mengamankan jalan yang akan dilalui.

Foreder

Forder memiliki tugas yang sama dengan safety officer, tapi tanggung jawabnya lebih besar. Foreder biasanya harus berada di depan rombongan sebagai pemimpin. Seorang foreder harus bisa menyesuaikan kecepatan, mengatur formasi, dan memberitahu kondisi jalan dengan isyarat atau gestur tubuh.

Sweeper

Tugas sweeper adalah mengawal barisan touring. Beberapa anggota juga harus dipilih mengemban tugas ini untuk mengamankan rombongan. Seringkali, sweeper berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan. Sweeper juga bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari foreder.

Technical Officer

Risiko menempuh perjalanan jauh salah satunya adalah kondisi mesin. Apalagi jika terjadi kerusakan di tempat yang jauh dari bengkel. Di sinilah peran technical officer dibutuhkan.

SUDAH BACA INI BELUM?

 

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami