New Toyota Innova dan Fortuner Diracik dengan Mesin 'GD'

Raksasa otomotif ini itu tidak lantas berhenti bergerak dan tengah menyiapkan sebuah mesin 'GD' terbaru untuk tiga varian utama IMV yakni Toyota Hilux, Fortuner dan Inno

Senin, 11 Mei 2015 20:30
Ilustrasi Toyota Kijang Innova dan Mesin GD
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Produsen peramu berbagai mobil-mobil tangguh kelas dunia, Toyota, baru-baru ini memperkenalkan teknologi teranyar berkode mesin 'GD' yang dipercaya bukan hanya memiliki semburan kekuatan lebih besar, tapi juga pengiritan bahan bakar semakin maksimum.

Pengumuman besar dalam pengembangan pasar dan layanan Toyota tersebut dibongkar habis-habisan di acara Vienna Motor Symposium beberapa waktu lalu. Dengan kualitas penjualan Toyota yang cukup bagus di berbagai segmen roda empat, raksasa otomotif ini itu tidak lantas berhenti bergerak dan tengah menyiapkan sebuah mesin 'GD' terbaru untuk tiga varian utama IMV yakni Toyota Hilux, Fortuner dan Innova.

'GD' merupakan sebuah inovasi yang akan menggantikan konsep lama mesin 'KD' dengan basis utama mesin diesel, salah satunya 2.5 liter 2KD-FTV yang selama ini ditancapkan kepada Toyota Innova versi India. Sedangkan untuk versi international, bukan hanya Innova saja, bahkan dua varian lainnya yakni Hilux dan Fortuner memiliki model dapur pacu serupa.

Kapasitas silinder milik 'GD' sebenarnya lebih kecil ketimbang 'KD', karena 2.5 liter 2KD-FTV akan digantikan dengan 2.4 liter GD dan 3.0 liter 1KD-FTV digeser oleh 2.8 liter GD. Meski demikian, Toyota menjamin jika hantaman power yang dikeluarkan 'GD' bakal lebih perkasa dibanding konfigurasi lamanya.

Salah satu rahasia yang berperan penting sebagai pengunggah performa besar dan pengiritan bahan bakar itu, terletak pada instalasi Economic with Superior Therma Efficient Combustion (ESTEC) dan variable geometric turbocharger. Walhasil, daya gedor tenaga yang didapat dari jantung 2.4 liter sanggup menembus 160 hp dan 400 Nm, sedangkan seri yang lebih besar 2.8 menorehkan hasil 177 hp serta torsi puncak 450 Nm.

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami