New Mirage 24 Km Per Liter, Bagaimana Cara Ukurnya?

Mitsubishi New Mirage membuktikan keiritannya yang sanggup menembus angka 24,2 km per liter.

Senin, 07 November 2016 21:00
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - New Mirage transmisi manual tercatat punya konsumsi bahan bakar 24,2 km per liter berdasarkan pengujian oleh Lembaga Teknologi Fakultas Teknik (Lemtek) Universitas Indonesia.

Bagaimana cara mengujinya? Tim dari UI ini memperoleh angka tersebut melalui sejumlah tes medan jalan dan standar perhitungan.

Dengan New Mirage varian Exceed (2 unit), GLS (1 unit), dan GLX (1 unit), mereka melalui jalan perkotaan, luar kota, jalan bebas hambatan, dan jalan berbukit dalam area Jakarta, Ciawi, Puncak, Bandung, dan Purwakarta dengan total jarak tempuh 407 km.

Metode pengukuran yang digunakan full to full mengacu pada standar SAE J1082-200802.

Proses pengisian BBM sampai penuh hingga tidak ada udara yang terperangkap.

Untuk memastikan proses ini, bahan bakar yang telah terisi pada tangki ditunggu selama 30-60 menit. Jika tidak terjadi penurunan artinya tangki telah benar-benar penuh.

Sejumlah standar diterapkan dalam penghitungan ini, yakni pengisian ulang bahan bakar dengan gelas ukur, perhitungan konsumsi bahan bakar total, jarak tempuh (km), waktu tempuh (jam), temperatur bahan bakar (celsius), temperatur ambient (celsius), tekanan barometrik, tekanan ban (psi), dan total berat badan penumpang minimal 136 kg.

Dalam hal ini, mereka melakukan 7 perjalanan, yakni KTB-Ciawi 52 km (tol), Purwakarta-Bekasi 56 km (tol), Ciawi-Puncak Pass 26 km (jalan berbukit), Bandung-Subang 59 km (jalan berbukit), Puncak Pass-Bandung 82 km (luar kota), Subang-Purwakarta 42 km (luar kota), dan Bekasi-Dalam Kota-KTB 90 km (dalam kota).

Pada saat finish, tim melakukan proses cooling down selama beberapa jam untuk membiarkan volume BBM dalam tangki stabil dan tidak mengembang karena panas yang akan menyebabkan ketidakakuratan pengukuran.

Terakhir, selisih nilai antara awal dan akhir merupakan nilai besar konsumsi bahan bakar pada kendaraan tersebut.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami