Naik Kelas, Pembalap Indonesia Kadang 'Ngos-Ngosan'

Pembalap Indonesia masih bertabur kritik terlebih pada masalah basic.

Kamis, 6 Desember 2018 21 : 15 WIB
Pembalap muda Indonesia (Nazar Ray)
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarrudin Ray

Otosia.com - Harapan bagi rider Indonesia bisa naik tingkat ke level lebih tinggi sudah diukir salah satunya oleh Yamaha untuk kelas Moto2.

Namun sayang, rider-rider Indonesianya sendiri masih bertabur kritik. Terlebih lagi, kritik ini ditujukan pada masalah-masalah basic para rider-nya dalam membina diri untuk bisa naik level di dunia balap.

M Abidin, General Manager After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengutarakan bahwa salah satu kritik tersebut adalah soal mencegah rugi fisik gara-gara balapan kelas bawah.

"Jangan diikut-ikutkan ke level yang terlalu rendah (misalnya) ikut kejurda, alasannya untuk menjaga ritme balap. Kalau kemudian ada crash atau apa, itu nanti sulit di masa mendatang," ujarnya.

Kritik lainnya ditujukan bagi tim agar menjaga pembalap muda untuk tidak sering stres sehingga fisik mereka tetap siap manakala naik kelas balap.

Poin penting lainnya adalah penekanan agar rider mau menggembleng fisiknya sendiri, dan jangan kalah hanya gara-gara vibrasi.

"Jangan sampai nanti pas naik kelas ke 600 cc atau ke Moto2, baru 12 lap sudah ngos-ngosan. Ini artinya, jangan cuma di kelas sport bebek, 150, atau 250 cc, masa depannya cuma di sini. Pengalaman saya dalam beberapa tes, baru 10 lap sudah tak mampu lagi menahan vibrasi. Ini menunjukkan tidak disiplin, tidak keras pada dirinya," kata dia.

Penekanan tersebut tidak terlepas dari biaya pembinaan bibit pembalap Indonesia yang membutuhkan harga sangat besar. Salah satunya tentu saja dalam membeli sepeda motor.

"Terus terang, (ikut) Moto2 itu mahal. Beli motornya 5-6 juta euro (sekitar Rp 80 miliar). Selenggarakan 13 kali Sunday Race hanya untuk biayai satu orang. Jadi bayangkan dengan biaya yang dikeluarkan, sementara kita main-main terus," kata M Abidin.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

 (kpl/nzr/crn)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami