Naik 10 posisi, Pedrosa akui dapat hadiah dari Rossi

Dani Pedrosa sangat lega bisa menapaki tangga podium dengan finis ketiga di MotoGP Prancis usai Marc Marquez dan Valentino Rossi terjatuh dan gagal finis.

Senin, 22 Mei 2017 12:30
Dani Pedrosa (c) AFP
Editor :

Otosia.com - Rider Repsol Honda, Dani Pedrosa sangat lega bisa menapaki tangga podium dengan finis ketiga di MotoGP Prancis pada hari Minggu (21/5). Rider Spanyol ini naik 10 posisi usai start dari posisi ke-13, dan mengaku podium ini merupakan "hadiah" dari rider Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi yang gagal finis di lap terakhir.

Fakta dirinya harus start dari barisan belakang pun diakui Pedrosa membuatnya tak bisa tidur semalaman, mencari strategi untuk melalui chicane sempit di Tikungan 3 dan 4. Menurutnya, rider yang start dari barisan belakang punya peluang besar membuat kesalahan saat melintasi area tersebut saat start.

"Saya berpikir semalaman, bagaimana cara melalui chicane pertama, karena sangat sempit. Jika Anda start dari belakang, sangat mudah menyenggol dan tersenggol rider lain. Tapi saya punya ritme yang baik, jadi saya percaya diri. Saya lega bisa melewatinya dengan lancar. Saya menjalani start dengan baik dan bisa menyalip banyak rider," ujarnya.
Dani Pedrosa (c) AFP
Pedrosa sempat kesulitan memperebutkan posisi kelima dengan rider LCR Honda, Cal Crutchlow dan rider Ducati Corse, Andrea Dovizioso. Menurutnya, performa Dovizioso saat keluar tikungan dan mengerem sangatlah baik, jadi tak ada ruang untuk menyalip. Usai menyalip Dovizioso, Pedrosa justru bertabrakan dengan Crutchlow di Tikungan 6 pada Lap 11.

"Usai menyalip Dovi, pertarungan dengan Cal juga sengit. Saat melihatnya melakukan kesalahan dan saya mencoba menyalip dari sisi dalam. Saat itulah ia menutup ruang dan kami bertabrakan. Untungnya tak ada yang terjatuh dan saya tak bermaksud menyenggolnya," ungkap Pedrosa.

Rider 31 tahun ini pun sempat mengejar Marc Marquez di posisi keempat, namun ban depannya mengalami chatter. Ia pun naik posisi usai Marquez terjatuh di Tikungan 3 pada Lap 18, dan berhasil finis ketiga usai Rossi terjatuh di Tikungan 11 tepat di lap terakhir.

"Saat mendekati Marc, saya mempersempit jarak sedikit demi sedikit. Tapi akhirnya ban depan mengalami chatter. Saat di posisi keempat, saya tak lagi bisa mendekat karena para rider Yamaha lebih cepat. Pada akhirnya podium ini merupakan "hadiah" dari Vale. Sangat menyenangkan bisa meraihnya usai start ke-13," pungkas Pedrosa. (cn/kny)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami