Musim Hujan Tiba, Perlu Ganti Baru Ban Motor?

Apakah aman ban biasa digunakan berkendara saat hujan?

Minggu, 15 Desember 2019 14:15
Musim Hujan Tiba, Perlu Ganti Baru Ban Motor? Ilustrasi ban motor (youngchoppers.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Di Indonesia saat ini tengah memasuki musim penghujan. Sebabkan banyak jalanan yang tergenang, bahkan tak jarang bikin banjir yang cukup lama. Kondisi ini tentu cukup membahayakan terutama untuk para pengendara motor.

Maka dari itu pemotor harus ekstra hati-hati. Selain karena genangan tadi, saat hujan kondisi jalan jadi lebih licin dari biasanya.

Untuk keselamatan berkendara, pastikan ban dalam kondisi baik. Namun, sebenarnya apakah aman ban biasa digunakan saat hujan?

1 dari 1 Halaman

Cek Kondisi Ban

Ternyata hal ini tergantung dengan kondisi bannnya sendiri Otolovers. Melansir dari Suzuki Indonesia, yang terpenting adalah mengetahui terlebih dulu batas aman pemakaian ban. Bisa dilihat pada titik TWI (Thread Wire Indicator), yang merupakan indikasi awal apakah ulir pembuangan air dari ban masih berfungsi optimal atau tidak. Jika sudah di titik nongol, pertanda bahwa ban harus diganti.

Dalam pergantian ban juga tak bisa sembarangan. Jangan sampai ganti dengan ukuran yang lebih kecil, sebisa mungkin ukuran yang sama kalau tidak yang lebih besar. Semakin besar ukuran ban maka semakin besar pula kontak dengan aspal, sehingga cengkraman yang ada bisa optimal.

Tak kalah penting dari hal tadi adalah tekanan angin ban. Pastikan juga tekanan angin pada ban motor Otolovers sudah sesuai dengan ketentuan.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami