Musim Hujan Tiba, Ini Tips Rawat Motor Agar Tetap Ciamik

Otosia telah merangkum berbagai tips menjaga sepeda motor saat musim hujan seperti berikut ini.

Minggu, 22 Oktober 2017 07:15
Pengendara Motor Saat Hujan
Editor : Arry
Reporter : Rikko Ramadhana

Otosia.com - Musim hujan sudah tiba. Menghadapi musim penghujan ini, butuh persiapan lebih dari para pengendara, khususnya pemotor.

Untuk itu, diperlukan adanya peran ekstra untuk menjaga motor kesayangan agar tetap bugar saat musim hujan. Otosia telah merangkum berbagai tips menjaga sepeda motor saat musim hujan seperti berikut ini.

Pertama, perlunya mengecek berbagai komponen motor setiap saat kala musim hujan. Terlebih, air hujan secara tidak langsung dapat merusak sepeda motor Anda.

"Air hujan zat asamnya cukup tinggi sehingga bisa membuat bagian-bagian motor menjadi karat," ujar Sugeng, Mekanik dari Yamaha Dadi Motor Jakarta.

Langkah berikutnya untuk merawat motor yakni dengan lebih sering melakukan pencucian motor. Sebagaimana diketahui, air hujan dapat menyebabkan korosi sehingga perlu dibilas oleh air biasa saat mencuci motor.

Hal itu dapat mengurangi risiko karat pada motor dan perlu dilakukan setidaknya dua minggu sekali.

Kemudian beberapa komponen motor juga harus diperhatikan dan diperiksa secara rutin. Mulai dari tekanan ban yang bisa menipis jika sering melewati jalanan berair. Untuk itu harus sering dicek baik itu tekanan ban ataupun ketebalan dari ban tersebut.

Berikutnya rantai juga harus diperhatikan karena kerap terkena air hujan. Bila terlalu sering terkena air hujan, rantai bisa mengalami korosi.

"Rantai harus dibrsihkan dikasih oli atauga disemprot pakai pembersih," tambah Sugeng.

Kemudian kampas rem juga harus diperhatikan dan sering dicuci karena banyak debu yang menempel saat melewati genangan air.

Komponen lainnya yang tak kalah penting yaitu busi yang merupakan jantungnya motor. Jika tidak bisa dibersihkan maka busi ini harus diganti.

Berikutnya adalah filter udara yang kerap terkena kotoran dari genangan air. Selain itu, jika filter udara basah maka akan mempengaruhi tarikan motor tersebut.

Jika masih menggunakan roda jari-jari, maka perhatikan jari-jari mtoro tersebut.

"Jari-jari motor harus serng dicuci atau dibilas agar tidak cepat karatan karena kena air hujan, lebih bagus pakai air hangat," ujarnya.

Dan yang tak kalah penting yakni knalpot dan kabel body. Knalpot harus dibersihkan agar tidak karat, selain itu perhatikan juga air yang masuk kedalam knalpot bisa membuat masalah baru dalam motor Anda.

"Semprot knalpot dengan kompresor angin agar air yang didalam keluar, selain itu olesi bagian permukaan knalpot dengan oli untuk mencegah karat," tambah dia.

Untuk kabel body sendiri harus dipastikan agar selalu kering. Hal ini dilakukan dengan membuka bagian body dan segera dicek kabel tersebut agar tidak korsleting karena air.

Nah, sudah siapkan hadapi musim hujan dengan motor kesayangan Anda.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/ary)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami