Musim Hujan Pakai Ban Pacul di Jalan Aspal, Amankah?

Benarkah ban model pacul berisiko tergelincir saat digunakan di medan onroad yang basah?

Senin, 16 Desember 2019 16:45
Musim Hujan Pakai Ban Pacul di Jalan Aspal, Amankah? Kawasaki KLX 230 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan dari itensitas ringan hingga lebat. Berkendara pun membutuhkan kewaspadaan penuh karena jalan-jalan menjadi licin dan pandangan menjadi terbatas terutama jika hujan lebat.

Khusus untuk sepeda motor, pemilihan ban menjadi faktor penting ketika berkendara dalam kondisi jalan basah. Semua pabrikan sepeda motor telah memasangkan ban yang memang bisa digunakan saat kering maupun basah.

Lantas bagaimana dengan motor trail? Benarkah ban model pacul berisiko tergelincir saat digunakan di medan onroad yang basah?

1 dari 2 Halaman

Tak Dapat Dipakai?

Tak Dapat Dipakai?

“Ban dengan blok besar gini biasanya malah tidak licin karena buangan airnya biasanya lebih banyak dari ban harian biasa. Namun untuk ban trail ini kebanyakan dirancang untuk offroad sehingga saat dipakai di jalan aspal menjadi kurang nyaman,” buka Dodiyanto - Senior Brand Executive dan Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban sepeda motor IRC.

Menurut Dodi, ban model pacul tetap bisa digunakan saat hujan. Bahkan katanya, jenis ban ini punya blok pattern besar dan memiliki kedalaman pattern yang lebih dalam sehingga pembuangan air lebih banyak daripada ban biasa.

“Makanya digunakan untuk motor trail saat di offroad fungsinya juga untuk membuang lumpur lumpur atau tanah saat di jalan offroad,” terangnya.

2 dari 2 Halaman

Harus Perhatikan Ini

Harus Perhatikan Ini

Jika ban trail sudah terlanjur terpasang di motor tidak masalah katanya. Menggunakan ban trail dengan tipe soft compound dianjurkan. Makanya ban tipe ini diperuntukan untuk kompetisi. Hanya saja jika digunakan harian sebaiknya tetap meperhatikan tekanan angin, terutama ketika musim penghujan.

“Kebanyakan rider yang menggunakan ban trail untuk harian menurunkan tekanan 1 tingkat lebih rendah agar lebih nyaman di jalan aspal. Atau kalau mau, sekarang sudah banyak ban kembangan yang diperuntukan untuk medan jalan on off road, itu bisa juga jadi salah satu opsi pengganti

Namun demikian Dodi menyarankan, jika motor trail digunakan berkendara sehari-hari, sebaiknya memakai ban harian yang memang dibuat untuk konstruksi jalan aspal (harian).

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami