Musim Hujan Nih, Yuk Pahami Cara Pengereman di Jalan Basah

Jalanan yang licin memang berbahaya untuk para pengendara. Itu mengapa, para pengendara juga harus lebih berhati-hati.

Sabtu, 07 Desember 2019 21:15
Musim Hujan Nih, Yuk Pahami Cara Pengereman di Jalan Basah Teknik pengereman sepeda motor (Ilustrasi/Suzuki)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Saat musim penghujan, para pengendara sepeda motor perlu meningkatkan kewaspadaan berkendara dua kali lipat. Sebab, jalanan yang licin dan cara berkendara yang tidak baik bisa membahayakan.

Misalnya, saat melakukan pengereman. Teknik pengereman di jalan yang basah dan kering pun tak bisa disamakan.

Menurut laman Suzuki Indonesia, teknik pengereman yang tidak tepat akan memperbesar risiko kecelakaan saat melintasi jalanan basah. Pemotor wajib mengombinasikan antara rem depan dan belakang secara bersamaan.

1 dari 1 Halaman

Yang perlu diingat, penekanannya tidak sama, tergantung situasi jalan. Jika jalanan basah, licin, berpasir, dan berbatu, disarankan memakai rem depat tidak terlalu kuat. Tapi jika kondisi aspal yang dilalui baik atau bagus, rem depan bisa ditarik lebih kuat seupaya pengereman bisa lebih maksimal.

Saat menarik rem depan, sebaiknya juga menarik rem belakang. Jika teknik pengereman tepat, posisi kendaraan tetap stabil meskipun jalanan basah.

Jika hanya mengandalkan rem depan, pengemudi sekaligus penumpangnya bisa berisiko terjungkal. Sebaliknya, jika hanya rem belakang yang dipakai, bisa menyebabkan ban slip.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami