Plastik Pembungkus Ban Baru Mulai Ditinggalkan, Benarkah Akan Menurunkan Kualitas?

Mulai April 2021 Michelin tidak lagi menggunakan pembungkus plastik pada produk-produk ban sepeda motor. Michelin hanya memberi label informasi ban.

Kamis, 04 Maret 2021 19:15
Plastik Pembungkus Ban Baru Mulai Ditinggalkan, Benarkah Akan Menurunkan Kualitas? Ban motor Michelin tanpa pembungkus plastik (Michelin)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Guna mengurangi limbah plastik, semua ban motor Michelin tidak lagi dilengkapi pembungkus plastik. Secara bertahap Michelin Indonesia akan menghilangkan plastic wrap pada produk-produk ban sepeda motor mereka hingga tahun 2022.

Mulai bulan April ban motor yang diproduksi di pabrik di PT Multistrada Arah Sarana Tbk di Cikarang maupun Thailand akan meninggalkan plastic wrap. Tahun ini Michelin Indonesai menagetkan 70 persen produknya tidak menggunakan plastic wrap, dan tahun 2022 seluruh ban sepeda motor Michelin sudah 100 persen tanpa kemasan plastik.

1 dari 3 Halaman

"Mulai April kita sudah meningggalkan bungkus plastik. Kalaupun masih ada, itu berasal dari produksi lama kami di distributor maupun diler resmi kami," ujar Kartika Susanti, Head of Public Affairs and Press Relation, Michelin Indonesia dalam jumpa pers virtual, Kamis (4/02/2021).

Sebagai gantinya, meski tanpa pembungkus plastik Michelin tetap mempertahankan informasi spesifikasi yang ditempelkan di ban sepeda motor. "Jadi jangan takut, informasi soal ukuran, petunjuk ban tetap akan kita sertakan dalam produk-produk ban motor kita," jelas Kartika.

Sementara itu Head of Marketing Consumer Products Michelin Indonesia, Roslina Komalasari menyatakan, langkah Michelin tersebut mendapat dukungan dari konsumen, distributor maupun dealer Michelin Indonesia.

 

2 dari 3 Halaman

Michelin menjamin tanpa pembungkus plastik kualitas ban tetap terjaga karena terlebih dulu melakukan validasi dalam proses produksinya, sehingga tidak terpangaruh suhu maupun udara dari luar.

"Kami sangat confidence, itu tidak berpengaruh terhadap kualitas produk kami karena material teknologi kami tidak sensitif terhadap lingkungan, yang lebih kejam lagi adalah kondisi jalanan," ungkapnya.

 

3 dari 3 Halaman

Selain itu Michelin telah memberlakukan SOP terhadap para distributor maupun dealer untuk melakukan penyimpanan dan pemeliharan ban digudang dengan baik sehingga tidak mengganggu kualitasnya ketika sampai ke tangan konsumen.

Menurut Roslina, sebenarnya beberapa produk ban motor Michelin sudah tidak lagi memakai pembungkus platik, terutama ban berukuran kecil dan untuk motor besar.

"Tidak semua produk kami dibungkus plastik, seperti ban-ban skuter ring 12 kayak Vespa, begitu juga dengan ban kami untuk big bike juga tanpa bungkus plastik," jelasnya.

 

(kpl/nzr)

TAGS :
Ban
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami