Muda Berbakat, Pria Ini Berhasil Ubah Mobil Klasik Jadi Kendaraan Listrik

Seorang anak muda di India berhasil mengubah mobil klasik menjadi listrik

Senin, 28 Juni 2021 20:15
Muda Berbakat, Pria Ini Berhasil Ubah Mobil Klasik Jadi Kendaraan Listrik Mobil klasik jadi listrik (Cartoq)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Mobil dan motor listrik bakal menjadi kendaraan masa depan. Tak heran jika berbagai merek otomotif mulai mengembangkan kendaraan listrik dengan fitur berteknologi canggih.

Menariknya, ada beberapa orang yang memilih untuk mengubah mobil klasik menjadi listrik, seperti yang dilakukan insinyur asal Jammu, India.

1 dari 4 Halaman

Melansir Cartoq, ia adalah Mohammad Jawaad Khan yang berada dari Kota Bhaderwah, Jammu. Insinyur berusia 23 tahun itu memiliki startup Tadpole Projects yang bertujuan untuk mengubah kendaraan konvensional menjadi listrik.

Jawaad memulai pekerjaan ini pada September 2020 dan bekerja sama dengan Center of Excellence for Research on Clean Air (CERCA). Tadpole Projects sendiri telah mengubah beberapa mobil klasik, seperti Volkswagen Beetle 1948 dan Austin 10 1936 menjadi kendaraan listrik.

"Di Tadpole Projects, kami ingin meningkatkan ekosistem EV di negara ini tanpa menambahkan mobil baru di jalan. Sebagai perkuatan EV, kami memberikan solusi yang ekonomis dan berkelanjutan. Tetapi di mana kami membuat perbedaan nyata adalah kemampuan kami untuk mempertahankan nuansa berkendara yang sama dari mobil bermesin IC sebelumnya dan kemampuan untuk memberikan solusi yang disesuaikan untuk setiap pelanggan," kata Jawaad Khan kepada The Better India.

2 dari 4 Halaman

Kurang lebih, Jawaad dan timnya membutuhkan waktu hampir 6 bulan untuk mengubah Volkswagen Beetle klasik menjadi kendaraan listrik. Mesin diganti dengan motor listrik 15 kW. Kecepatan maksimumnya 60 km/jam.

Performa tersebut disalurkan ke roda belakang. Baterai lithium iron phosphate ditanam di bawah kap mesin. Baterai yang digunakan berkapasitas 72V 220 Ah dengan jangkauan 150 km.

3 dari 4 Halaman

Kurang lebih pengisian daya sampai penuh membutuhkan waktu 6 jam dengan pengisian AC. Sedangkan pengisian daya DC membuthkan waktu 3 jam.

Sedangkan untuk desainnya sendiri, Jawaad dan timnya mempertahankan 90 % seluruh detail bodinya. Ubahan hanya di bagian mesin saja.

4 dari 4 Halaman

Tantangan utama dari proyek ini adalah konversi dan menjaga komponen asli mobil tetap utuh. Bahkan tim harus berhati-hati saat mengambil atau memasang komponennya.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami