Motor 'W Engine' Adib Bisa 3 Silinder 5 Cam, Begini Ceritanya

Motor garapan M Yusuf Adib menjadi Iconic Bike ketiga dalam Grand Battle Suryanation Motorland 2017. Ia menyuguhkan motor Harley Davidson Sportster buatan tahun 1996 dengan mesin “W Engine” tiga silinder.

Senin, 13 November 2017 14:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin
Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - Motor garapan M Yusuf Adib menjadi Iconic Bike ketiga dalam Grand Battle Suryanation Motorland 2017. Ia menyuguhkan motor Harley Davidson Sportster buatan tahun 1996 dengan mesin "W Engine" tiga silinder.

Motor dalam gelaran yang berlangsung 11-12 November 2017 ini disebut gila oleh builder luar seperti dituturkannya karena selain memakai tiga silinder, jumlah cam yang dipakai tidak logis alias tidak genap.

"Sporster dipilih karena di luar negeri dia bikin dari bike twin. Nah ini logikanya kan enam cam, enam valve. Namun ini jadinya lima cam, enam valve. Di situ istimewanya," ujarnya.

Ia pun menjelaskan bagaimana proses pembuatan susunan mesin nan unik ini. Rupanya, Adib bermain sudut.

"Kenapa begitu karena sudutnya enggak ketemu kalau tiga silinder enam cam. Kan kalau cam sama crankshaft itu harus satu banding dua. Cam dua, crankshaft satu. Tapi kalau begitu enggak ketemu makanya kami set sudutnya 45 derajat," ujarnya.

Untuk penggarapan mesin 3 silinder ini, rahasianya ada di bagian cam nomor 4. Ia pun memiliki perhitungan tersendiri.

"Kami cari selisihnya untuk 45 derajat di cam nomor 4. (Cari posisi yang pas ketika) cam nomor 4 ini ngangkat di silinder nomor 3. Aslinya sendiri kan empat cam karena dua silinder," kata dia seraya mengaku perubahan lain ada di tambahan pelat kopling menjadi tiga supaya tidak selip.

Ulasan Menarik Motor Modifikasi Lainnya

    (kpl/nzr/rd)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami