Motor Trail Viar Jelajah Sabang-Merauke 25.000 Km

Tak mau kalah dengan pabrikan Jepang, motor dalam negeri Viar melakukan uji ketahanan menjelajah dari Sabang sampai Merauke selama 90 hari dengan jarak tempuh sejauh 25.000 km. Menggunakan Viar Trail Adventure terbaru Cross X, jelajah Indonesia ini merupakan turing trail terjauh di Indonesia, sehingga dicatatkan namanya ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kamis, 04 September 2014 16:45
Motor Trail Viar (foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Tak mau kalah dengan pabrikan Jepang, motor dalam negeri Viar melakukan uji ketahanan menjelajah dari Sabang sampai Merauke selama 90 hari dengan jarak tempuh sejauh 25.000 km. Menggunakan Viar Trail Adventure terbaru Cross X, jelajah Indonesia ini merupakan turing trail terjauh di Indonesia, sehingga dicatatkan namanya ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

"Ini juga dalam rangka ulang tahun Viar Motor Indonesia ke-15. Sekaligus kami ingin menunjukkan ke masyarakat bahwa inilah satu-satunya produk Indonesia yang membuktikan ketangguhannya menjelajah dari Sabang sampai Merauke. Kemudian dengan semangat merah putih, kami juga mau tunjukan bahwa trail adventure Viar bisa menjadi pilhan konsumen," ujar Akhmad Zafitra Dalie, Deputy Director Marketing PT Viar Motor Indonesia (VMI), di kantornya, Jakarta, Kamis (4/9).

PT VMI menyediakan 5 unit Viar Cross X 200 untuk dipakai turing Sabang-Merauke. Empat motor diantaranya digunakan oleh pebalap nasional, sementara 1 unit digunakan rider yang mendolkumentasikan dan menuliskan perjalanan turing. Keempat pebalap tersebut adalah Piters Tanuhaja, kroser veteran, Tatto Supatro yang juga mantan pebalap, Inuk Blazer, pebalap wanita nasional, dan Ivan Badai.

"Kami sengaja memilih rider-rider ini karena mereka selain pebalap, juga terbiasa melakukan turing jarak jauh, dan pernah menjelajah ke beberapa daerah di Indonesia," papar Dalie.

Turing Viar akan dimulai dari titik nol kilometer Sabang tanggal 11 September 2014 mendatang. Viar Jelajah Indonesia sejauh 25.000 km ini terbagi dalam 3 tahap, yakni Sabang-Jakarta, Pontianak-Gorontalo, dan Jawa-Bali-Nusatenggara, sampai Merauke.

Program ini dikemas se-ekstrem mungkin, menembus berbagai medan yang ada diseluruh Indonesia, baik menyusuri lereng perbukitan maupun gurun, menyusuri sungai, danau dan pantai sekalipun, sehingga dapat menunjukan performa Viar Trail serie Adventure.

"Turing selama 90 hari memang berat, sehari rata-rata kami menempuh perjalanan sejauh 250 km sampai 450 km. Namun kami tetap bersemangat, karena kami juga melakukan istirahat dan menjaga kebugaran," jelas Piters, kroser veteran.

Yang menarik, riders tersebut tidak didampimgi tim medis maupun mekanik selama menempuh perjalanan jauh. "Biasanya kan kalau turing aa iring-iringan mobil atau motor, ini kami tidak pakai. Jadi cuma berlima itu saja. Tapi kita pasang GPS, sehingga kita bisa memantau keberadaan mereka. Jadi kalau ada apa-apa, kita akan kontak dealer terdekat," beber Dalie.

Seperti generasi terbaru Viar Trail ini, memang indentik dengan Adventure. di mana motor penjelajah ini dibangun dengan fokus performa dinamis dan kemampuan off-road yang prima. Karena itu, trail Cross X 200 cc masih bisa diandalkan sebagai kendaraan roda dua untuk rute touring jarak jauh termasuk di lintasan off-road.

Trail Viar Cros X dibekali mesin 200 cc 4 langkah SOHC yang memiliki tenaga maksimal 10 kW/7.500 rpm dan torsi 13,5N.m/7.000 rpm, yang dikawinkan dengan transmisi 5-percepatan.

Generasi terbaru Viar Trail ini dibekali shockbreaker upsidedown, rem cakram depan-belakang dengan sistem pengereman ABS serta model yang stylis. Viar CrossS X 200 cc dibanderol dengan harga Rp 18 jutaan, dan edisi spesial dijual sekitar Rp 20 juta.

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami